Pranala.co.id (Gorontalo) – Pada tanggal 16 Oktober 2020 lalu, Komisi Pemilihan Umum Bone Bolango telah menetapkan Data Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada serentak 2020, dengan jumlah 115.593 ribu pemilih. Dari daftar pemilih tetap itu terdapat juga 1086 pemilih yang menyandang cacat atau disabiltas.

Komisioner KPU Kabupaten Bone Bolango Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi  Humairoh U. Tipuwo berkata, untuk pemilih disabilitas tersebut dibagi menjadi empat klasifikasi.

“Yaitu disabilitas fisik, kemudian intelektual, mental, dan disabilitas sensorik,” kata humairoh pada awak media di kantor KPU Bone Bolango, Selasa (10/11/2020).

“Kalau disabilitas fisik laki-laki itu berjumlah 225, perempuan 252, lalu disabilitas intelektual laki-laki 33, perempuan 28, disabilitas mental laki-laki 129, perempuan 107, dan terakhir itu disabitas sensorik laki-laki 137, dan perempuan 175. Jadi total semuanya itu 1086,” sambung humairoh

Ditanya oleh awak media soal fasilitas apa yang didapat oleh pemilih disabilitas saat pemilihan nanti, Humairoh menjawab, bahwa KPU pastinya akan tetap memberikan alat bantu kepada para pemilih disabilitas dan mereka juga bisa dipandu oleh orang dipercayainya pada waktu pemungutan suara nanti.

“Jadi kalau logistiknya memang belum tersedia, tapi kita sudah diminta data disabilitas untuk pengadaan alat bantu coblos. Dan mereka dibolehkan untuk dibantu oleh KPPS dengan syarat harus mengisi formulir C pendampingan, kemudian kalau masih mampu untuk memilih sendiri juga boleh itu tidak masalah,” tutup humairoh.

 

Penulis : Fajar Abdullah