Pranala.co.id (Limboto) – Gorontalo salah satu daerah pertama yang menyatakan diri merdeka dari penjajahan, tepatnya pada tanggal 23 januari 1942. Sejarah mencatat Moment tanggal 23 januari ini telah ditetapkan menjadi hari patriotik di Gorontalo.

Dalam rangka memperingati hari patriotik 23 januari 2020 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo berencana gelar upacara hari patriotik yang akan dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mendatangi langsung Zainudin Amali untuk menyampaikan keinginan masyarakat Gorontalo, meminta Zainudin memimpin upacara hari patriotik Gorontalo nanti . Kamis (09/01) Di jakarta.

“Hasilnya l, pak menteri siap hadir pada kegiatan upacara Hari patriotik 23 januari nanti,” Ungkap Bupati usai bertemu menpora, Zainudin Amali.

Disamping itu, pertemuan orang Nomor satu dikabupaten Gorontalo bersama menpora itu juga membahas, rencana pemerintah daerah untuk membangun kawasan olahraga terpadu dan rencana pengembangan sarana olahraga di kabupaten Gorontalo.

Lanjut Bupati menyampaikan, kehadiran menteri tersebut juga dalam rangka menghadiri Acara Temu Akbar 20 Tahun Deklarasi Pembentukan Provinsi Gorontalo.

Pembentukan provinsi Gorontalo yang melepas diri dari daerah induk Sulawesi Utara, 20 tahun lalu, tidak lepas dari semangat perjuangan masyarakat Gorontalo kala itu. Termasuk salah satu diantaranya adalah Prof. Nelson Pomalingo yang juga sebagai deklarator pembentukan provinsi Gorontalo.

Sejarah juga mencatat, bahwa Nelson dan kawan-kawannya berhasil membentuk semangat masyarakat Gorontalo kala itu untuk membangun daerah otonom baru. Semangat inilah yang menjadi awal pembangunan provinsi Gorontalo.

Nelson berharap, dengan semangat patriotik dan semangat pembentukan provinsi Gorontalo 20 tahun lalu, akan menjadikan masyarakat di Gorontalo terus berbuat yang baik bagi daerah, terutama dalam membangun Gorontalo agar semakin maju.

Seperti diketahui, pada pertemuan itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo didampingi sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo.