Pranala.co.id (Jakarta) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebutkan, ada tiga pilar yang selalu ia gunakan selama melaksanakan tugasnya sebagai Bupati Gorontalo, yakni ilmu, agama, dan budaya. Menurutnya, tiga pilar ini sangat penting untuk melaksanakan pembangunan yang baik dan terarah di Kabupaten Gorontalo.

“Saya selalu menyampaikan bahwa dalam membangun Kabupaten Gorontalo kita punya tiga pilar,” ucap Nelson

Untuk pilar pertama, Nelson mengatakan bahwa ilmu bisa menjadikan masa depan Kabupaten Gorontalo lebih terarah dan memiliki tujuan yang tepat. “Pertama, menggunakan ilmu. Karena ilmu itu dia lebih cocok, cepat, lebih terarah, dan bahkan kita pun kalau berilmu dinaikkan derajat,” jelasnya.

Terkait pilar kedua, Ia menjelaskan dengan adanya landasan agama yang baik, manusia bisa lebih bijak dan tenang dalam menyikapi segala masalah yang datang mengganggu, yang notabenenya sangat sering datang dalam proses membangun daerah.

“Menggunakan Agama. Karena dengan agama, maka lebih terarah dan punya koridor, punya tameng yang baik di dalam membangun daerah,” tambahnya

Karena itu, guna mewujudkan pilar agama, sejak memimpin Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo telah mewujudkan dengan berbagai kegiatan keagamaan di daerah ini. Ketua dewan masjid Indonesia Provinsi Gorontalo itu mengatakan, pertama, telah melakukan pengangkatan guru agama yang dibiayai oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Bahkan kata dia, guru agama ini akan di tambah. “karena ini kebutuhan maka guru agama akan kita tambah,” Kata Bupati Nelson saat diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan wakil menteri agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu ( 08/7/2020), di jakarta.

Mantan Rekor UMGo itu menambahkan, banyak hal program keagamaan di Kabupaten Gorontalo di sampaikan kepada wakil menteri agama. Termasuk mendorong pembangunan sekolah -sekolah keagamaan. Baik madrasah maupun swasta.

” Juga mndorong melahirkan madrasah kejuruan pertama di gorontalo,” Tutur Nelson.

Dengan berbagai program bidang keagamaan itu, dirinya berharap kepada pemerintah pusat dalam hal ini wakil mentri agama RI untuk beroleh dukungan, support termasuk bantuan -bantuan program ke daerah Kabupaten Gorontalo.

” Oleh karrna itu saya mengundang beliau, Pak Wakil Menteri agama ke gorontalo dalam moment tertentu termasuk membicarakan kelembagaan di gorontalo. ada IAIN, ada kanwil dan saya kira lembaga -lembaga ini dibawah naungan kementrian agama sehingga kita beroleh dukungan dari pusat aplagi kita daerah baru,” Ungkap Nelson.

Seperti di ketahui, pilar ketiga budaya juga termasuk hal yang patut digunakan dalam membangun daerah. Sebab agama dan budaya sudah semestinya dijalankan bersama, mengingat juga semboyan di Gorontalo, yakni adat bersendikan syariat, syariat bersendikan Kitabullah.

“Yang ketiga adalah budaya. Apalagi kita Gorontalo ini punya filosofi adat bersendikan syariat, syariat bersendikan Kitabullah. Sehingga agama dan budaya itu bertautan,” tukasnya