Pranala.co.id – Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, menggelar Festival Lagu Perjuangan dan Daerah, serta Festival Bele Uto dalam rangka menyemarakkan momentum kemerdekaan Negara Republik Indonesia  ke-75 tahun. dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Senin (24/8/2020).

Menariknya, Festival Bele Uto merupakan budaya Daerah Gorontalo berupa kain sarung yang digunakan untuk menutupi wajah dan badan. Kegiatan tersebut bertemakan “SUKA”.  Pemprov Gorontalo menggalakkan penggunaan bele uto sebagai salah satu kearifan lokal yang dinilai relevan dalam melindungi diri dari penularan virus Covid-19.

Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim mengatakan, Festival Bele Uto juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap budaya dan tradisi daerah. .

“Daerah kita kaya akan budaya dan adat istiadat. Budaya ini semakin tergerus oleh kemajuan dan teknologi, sehingga sebagian besar generasi muda saat ini sudah tidak mengetahui lagi. Ini menjadi tantangan kita untuk menciptakan generasi yang mengenal dan mencintai budayanya,” tutur Idris.

Idris juga berharap,  melalui festival ini, masyarakat khususnya generasi muda mampu mengenal, memahami, dan selanjutnya mengimplementasikan ragam budaya daerah dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Melalui Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo dibawah kepemimpinan Sekretaris Dewan Drs.Mitran Tuna juga mengikutsertakan Jajarannya di Festival Bele Uto.

Kasubbag TU dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Provinsi Gorontalo, Mohamad monoarfa, S.Kom mengatakan Festival Bele Uto juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap budaya dan tradisi daerah serta sebagai wujudnya menyemarakkan HUT RI ke 75 Tahun.

“Gorontalo ini terkenal dengan serambih madinah, sehingga budaya relegius kembali digaungkan serta kaya akan budaya dan adat istiadat. Sehingga dengan budaya ini menciptakan generasi yang mengenal dan mencintai budaya,” kata okta sapaan akrabnya.

Untuk pelaksanan dan kesiapan kami dalam mengikuti lomba ini berjalan sesuai mekanisme, terutama dalam hal latihan show.

“ alhamdulilah walau disibukkan dengan segala rutintas kerja dalam melayani anggota DPRD, kami mampu menampilkan yang terbaik, “ ungkapnya.