Pranala.co.id – Fadli R Otoluwa S.Pi resmi dilantik Bupati Kabupaten Gorontalo menjadi Kepala Desa (Kades) Langgula Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Senin (25/11/2019).

Fadli Mengatakan, sangat bersyukur atas amanah yang diemban, tentu melihat potensi di desa langgula, yang notabenenya ialah kelautan dan perikanan, usai pelantikan ini, tentu akan ada program armada penangkapan ikan untuk pemberdayaan masyarakat pesisir, khusunya nelayan. Hal itu sebagai wujud apresiasi Pemerintah Desa, untuk mensejahterahkan para nelayan tersebut.

Menyoaal asuransi untuk masyarakat batudaa pantai, mantan Penyuluh perikanan melalui kementerian kelautan ini menjelaskan bahwa, para nelayan tentu sudah diasuransikan oleh kementerian perikanan dan kelaytan secara bertahap, namun ada jalur mandiri yang dapat dimediasi oleh aparat pemerintah desa.

“Untuk asuransi, Nelayan juga bisa masuk secara mandiri, dengan biaya iuran 175 ribu pertahun” tuturnya.

Alumni Perikanan UNG itu menambahkan, kedepan dengan resmi dilantiknya sebagai kades, langkah awal tentu akan mencoba untuk mencarikan solusi mendapatkan anggaran melalui musyawarah, tentu hal ini berguna untuk mencegah para nelayan yang kemungkinan akan terjadi resiko saat bepergian.

Usai serah terima jabatan (sertijab) dari kades sebelumnya, tentu langkah yang akan dilakukan yakni merampungkan RPJMDes, APBDes, dan akan dibahas lagi program di 6 tahun kedepan.

“Sesuai visi misi yang saya sampaikan ke masyarakat, mewujudkan tatanan masyarakat yang cerah, cerdas, amanah dan sejahtera. Tentu hal itu akan ditunjang oleh misi saya, antara lain, Memaksimalkan pendidikan anak usia dini, sarana dan prasarananya, Pembangunan jalan tani, pemberantasan buta aksara Al-Quran, dan urgensinya tentu kami akan mengupayakan para guru ngaji untuk mendapatkan tunjangan” Tutupnya.

Fadli mengungkapkan di Desa Langgula terdapat dua mata pencaharian yang banyak diminati oleh masyarakat, antara lain, Nelayan dan Bertani, tentu ke dua potensi tersebut kedepan akan lebih dioptimalkan dalam mencapai desa langgula yang cerah.