Pranala.co.id (Limboto) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo melakukan rapat virtual bersama Mendagri, Ketua KPU pusat dan juga BAWASLU, Jumat (05/06/20).

Pertemuan itu dalam rangka membahas persiapan Pilkada di Kabupaten Gorontalo yang rencananya akan digelar pada tanggal sembilan (09) Desember 2020.

“Kita tadi melakukan rapat virtual bersama ketua KPU pusat dengan Bawaslu dalam rangka persiapan Pilkada. Pilkada itu tadi sudah ditegaskan tanggal 9 Desember tadinya September menjadi 9 Desember,” kata Bupati Nelson.

Dalam rapat itu, kata Nelson, dirinya bersama KPU dan Bawaslu berkoordinasi tentang tahapan pelaksanaan Pilkada, sekaligus membahas anggaran yang harus disiapkan.

“Anggaran kita tidak digeser alhamdulillah, jadi anggaran yang Rp44 miliar baik KPU dan Bawaslu bahkan dana keamanan sudah di NAPD bahkan adanjuga yang sudah dicairkan 40 persen, contoh dana hibah untuk kepolisian,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Nelson, membicarakan soal penyesuaian atau rasionalisasi, pertama tentang pergeseran anggaran yang sudah ada.

“Sekarang kan ada tahapan-tahapan yang berubah maka anggaran juga berubah, yang kedua kemungkinan akan bertambah karena seperti TPS itu kan yang awalnya 800 org per TPS menjadi 500 org per tps, maka jumlah TPS nya bertambah,” jelasnya.

Selanjutnya, anggaran protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada yang seharusnya dibutuhkan dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini.

“Penggunaan protokol kesehatan itu kan butuh anggaran, maka insya Allah pada minggu ini dan Minggu depan kita akan membahas itu, sehingga akan ada finalisasi dan kalau sudah finalisasi maka kita akan melakukan pergeseran anggaran termasuk melalui APBD perubahan,” tandas Nelson.