Pranala.co.id (Limboto) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo hadiri acara anugerah Sumo Foundation Awards ke-4 Tahun 2020 di Ballroom TC Damhil UNG, Sabtu (15/08/2020).

Penghargaan ini diberikan kepada para pejuang dalam hal ini guru dan tokoh desa yang memiliki dedikasi tinggi serta semangat pengabdian di tengah keterbatasan.

Di Kabupaten Gorontalo Guru yang mendapat anugerah Sumo Foundation antara lain, Jatia Lahani, Saharia Mardia, Herlina A. Laiya. Selanjutnya pada pengusaha kecil arang tampurung Irwan tangio, pengelola home stay wisata yang memeperkenalkan Gorontalo dimata dunia Heriyanto gobel, serta seorang anggota polri di kecamatan tabongo Suparno A Hamsa yang membangun sebuah masjid dengan mengisihkan gajinya.

Bupati Nelson sengat mengapresiasi terhadap penghargaan yang diberikan kepada para pejuang. Terdapat tiga orang guru dari Kabupaten Gorontalo yang menerima penghargaan Sumo Foundation.

“Ini orang-orang hebat, banyak pahlawan, banyak orang yang mengabdikan diri tanpa pamrih, ini luar biasa dan ini yang harus kita dorong untuk masyarakat.” Jelasnya.

Nelson juga telah memerintahkan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo untuk mengidentifikasi guru-guru yang secara penghasilan masih belum layak dan meningkatkan kesejahteraan guru dengan mengalokasikan anggaran pada APBD Perubahan.

Bahkan, khusus tiga orang guru yang menerima Sumo Foundation akan diupayakan mendapatkan bantuan Rumah Mahyani tahun ini pada anggaran perubahan tahun 2020.

“Kita identifikasi bagi guru honorer di pedalaman harus dua kali lipat gajinya. Jangan ada lagi gaji guru yang dibawah satu juta, kita akan cek gaji guru dibawah satu juta, di APBD perubahan akan saya lakukan. tersentak hati saya, dengan adanya beberpa penghargaan yang diraih oleh guru tentu ini menjadi penyemangat saya kedepan.” Ungkap Nelson.

Bupati Gorontalo bersama Menteri Bappenas dalam acara sumo foundation.

Kemudian, terkait pengelola home stay, Bupati Gorontalo juga mengatakan, sejak awal pemerintah Kabupaten Gorontalo, pemda terus memberikan ruang untuk pariwisata.

“ Semula mereka membangun di Kota Gorontalo, Tapi pindah di Kabupaten Gorontalo dan kami terus memberi ruang untuk pariwisata, bahkan saya sudah beberapa kali datang ditempat mereka,” Kata Nelson.

Kemudian bagi penerima anugrah Sumo Foundation Awards ke-4 bidang usaha arang tampurung, dirinya menyampaikan, ini tak hanya Kabupaten Gorontalo tapi seluruh Gorontalo punya potensi kelapa.

“ Bulan depan akan ada hari kelapa dunia lagi, saya akan buat pameran dan salah satunya apa yang sudah diproduksi oleh yang mendapat anugerah tersebut,” Tutur Nelson.

Selanjutnya, pengabdian seorang anggota polisi yang telah membangun masjid menggunakan dananya sendiri ini sangat luar biasa.

“ Pemerintah daerah mengapresiasi hal ini dan akan memberikan perhatian penuh “ Tandasnya