Pranala.co.id-Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, kembali mendapat kepercayaan sebagai salah satu tim penguji Eksternal pada Kegiatan Ujian Tertutup Disertasi Bagi Mahasiswa Program Doktor (S3), Program Studi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Selasa (22/12/2020)

Nelson, menguji disertasi atas Mahjudin Husain yang berjudul “Model Pengintegrasian Nilai-nilai Karakter dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Gorontalo”.

Selain Nelson, tim penguji lainnya Prof.Dr. Asna Aneta.M.Si., Prof. Dr. Hamzah B. Uno. M.Pd., Prof. Dr.Nofianty Djantri. S.Pd., M.Pd.I., Prof Dr. Sarson W.Dj. Pomalato., Prof Dr. Abdul Haris Panai. M.Pd.I., Dr.Abd Kadir Husain. M.Pd. Kons., Dr.Arwildayanto.S.Pd. M.Pd., Dr. Fory Nawai. M.Pd.

Ditemui usai menguji, Mantan Rektor UNG itu mengatakan, meski kini sudah berada di politik, dan dunia birokrasi, namun dunia akademisi selalu ada tempat tersendiri baginya. Tak hanya di Gorontalo, Nelson juga didaulat jadi penguji di sejumlah universitas ternama di Indonesia. Bulan depan contohnya, Nelson dijadwalkan jadi penguji di dua kampus bergengsi, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Muslim Indonesia.

“Saya juga bergembira tadi karena penelitiannya berada di Kabupaten Gorontalo, sehingga bisa berimplementasi di Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Lanjut kata Nelson, apalagi yang diteliti adalah soal karakter, ini menjadi tantangan kita ke depan, terlebih dengan adanya demokratisasi, dan adanya Pilkada yang bebas saat ini. Pada dasarnya semua berjalan dengan baik, jika masyarakat punya karakter.

“ Kita bisa bebas, yang penting ada karakter. Karakter itu yang menjadi utama. Dan Penelitian ini bisa diterapkan terutama di pendidikan dasar SD, dan SMP. Kalau itu dikembangkan bagus maka Insya Allah implementasi (anak didik masa depan) menjadi politisi, birokrasi dan apa saja pasti visa terwujud,” tegasnya

Karena itulah, Nelson berharap penelitian yang dihasilkan akurat, dan juga diimplementasikan secara langsung.

“ Kami sebagai pemerintah daerah, siap mengadopsi apa yang menjadi harapan dari disertasi ini,” pungkasnya

 

Pewarta : Agung Nugraha.