Pranala.co.id – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo telah bertemu dengan pihak Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diwakili oleh deputi perkoperasian, Ahmad Zabadi, tepatnya di rudis Bupati, Jum’at (29/1/2020).

“Ada dua usaha yang masih berkembang di masa pandemi, yaitu pertanian dan koperasi, sehingga inilah yang akan kita kembangkan,” ungkap Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, Jumat (29/1/2020)

Lanjut kata Nelson, Kementrian Koperasi dan UMKM tertarik dengan koperasi produksi aren. Koperasi produksi aren dipilih karena potensi aren di daerah itu cukup berkembang. Apalagi, Pemasaran produk dengan bahan dasar aren sudah tembus sampai ke luar negeri.

“Mereka tertarik dengan koperasi produksi aren karena potensi aren di kabupaten Gorontalo cukup banyak dan berasal dari masyarakat biasa. Selain itu, pemasarannya juga sudah tembus sampai ke luar negeri, sudah ekspor. Kebutuhan gula aren di eropa cukup banyak, ini yang akan terus kita kembangkan,” ujar Nelson Pomalingo

Nelson Pomalingo mengatakan, Pengembangan koperasi produksi itu, akan mendapat dukungan dari Kementrian Koperasi dan UMKM. Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan beberapa persyaratan untuk menerima bantuan tersebut.

“Untuk memperoleh Bantuan tersebut, kita di minta untuk mengembangkan koperasi produksi Seperti aren, jagung dan cabe yang kebutuhannya cukup banyak serta juga, di bidang peternakan. Jadi mereka menunggu usulan dari kita,” Kata Nelson Pomalingo

Nelson Pomalingo menambahkan, Guna meningkatkan produktifitas Gula aren di daerah kabupaten Gorontalo sudah sejak lama gencar melakukan penanaman pohon yang juga berfungsi sebagai penahan air dan tanah di daerah rawan longsor.

“Karena ini merupakan produksi alam, kita ingin mendorong penanaman aren di lembah-lembah gunung. Sebenarnya juga penanaman pohon aren itu sudah dua tahun kita lakukan, jadi tinggal peningkatan saja,” Lanjut Nelson Pomalingo

Nelson Pomalingo mengaku sudah bertemu dengan pihak Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang diwakili oleh Direktur bisnis LPDB-KUMKM, Krisdianto.

“Kita juga sudah bertemu dengan Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Pak Krisdianto, sehingga diharapkan segala persoalan di bidang pembiayaan dapat teratasi,” tandasnya.

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: