Pranala.co.id (Limboto) – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dikabarkan akan diperpanjang hingga 14 hari kedepan. Melalui Video Conference Gubernur Provinsi Gorontalo bersama bupati dan walikota.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo usai Vicon mengatakan, jika akan diperpanjang hingga 14 hari kedepan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan segera menindak lanjuti dengan catatan, memperpanjang realiksasi atau pelonggaran waktu.

Nelson juga mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi usulan penting untuk dilaksanakannya perpanjangan PSBB diantaranya :

1. Dapat memberikan kelonggaran Waktu,
2. kelonggaran pembatasan,
3. Pemberlakuan isolasi wilayah,
4. pasar mingguan tetap dibuka mengingat jelang lebaran
5. Pelaksanaan Sholat idul fitri.

Nelson juga menjelaskan, usulan kelonggaran waktu ataupun kelonggaran pembatasan, hal ini dimaksud agar tidak menutup semua antar wilayah. Diperketat itu harusnya dari luar gorontalo, bukan didalamnya.

“Dalam kelonggaran waktu pada PSBB mendatang, saya mengusulkan PSBB dimulai dari pukul 18.00 hingga 20.00 WITA, hal ini ditinjau juga dengan adanya bulan puasa.
Dan pelaksanaan sholat idul fitri agar dilangsungkan dilapangan sport center mengingat Kab. Gorontalo termasuk zona hijau, namun hal ini tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan. ” jelasnya.

Bupati Gorontalo juga menambahkan, Pemda Kabupaten Gorontalo juga mengusulkan dilaksanakannya penguatan rapid test, tracking dan awan tes.

“kita tidak bisa memastikan diantara kita ada yang sakit, maka itu yang harus ditelusuri terus, sehngga tracking, rapid tes dan swab test, kedepan harus lebih diperbanyak, sehingga sedini mungkin kita bisa tau.” Tandasnya. (13/5/2020).