Pranala.co.id – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memastikan pihak pemerintah akan melaksanakan pelantikan kepada kepala desa terpilih pada tanggal 6 Mei 2021 lusa.

“Hari itu kita Lantik dan pada hari itu juga saya akan SK-kan,” ujar Bupati Nelson di Kantor Bupati Gorontalo usai melaksanakan Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Selasa (4/5/2021).

Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo menjelaskan, tentang beberapa desa yang mengalami masalah maupun sedang dipersoalkan maka pihaknya akan menunda pelantikan Kepala Desa tersebut.

“Harus sesuai perosedur dan kita akan pending bagi yang saat ini mengalami permasalahan, untuk sejauh ini ada dua desa yang dipersoalkan,” jelasnya.

Terkait dua desa yang dipersoalkan tersebut yakni Desa Hutabohu Kecamatan Limboto Barat dan Desa Moahudu Kecamatan Tabongo.

Lebih lanjut, Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, yang di maksud dengan prosedur yang benar yakni harus melalui prosedur hukum yakni melalui Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Jadi, kita akan menunggu hingga persoalannya selesai kemudian pelantikan akan dilaksanakan,” sambungnya.

Sementara, di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nawir Tondako juga membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, sesuai dengan arahan Bupati ada 89 Kepala Desa yang akan dilantik, dua diantaranya untuk sementara di pending lantaran masih harus melewati proses selanjutnya.

“Sampai saat ini dua desa yang dipersoalkan yakni Desa Hutabohu Kecamatan Limboto Barat dan Desa Moahudu Kecamatan Tabongo,” ungkapnya.

Lanjut Kadis, pelaksanaan pelantikan nantinya akan digelar di Gedung Kasmat Lahay Kabupaten Gorontalo pada 6 Mei sekitar jam 09:00 WITA pagi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Yang di izinkan hadir hanya kepala desanya beserta istri, serta akan di Swab Antigen,” tegas Kadis PMD Nawir Tondako.

Untuk diketahui, pelantikan Kepala Desa terpilih juga akan melakukan live streaming karena pendukung dilarang untuk datang saat pelantikan berlangsung.

“Ini kita lakukan untuk menjaga penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Pewarta : Agung Nugraha

Editor : Mira

%d blogger menyukai ini: