Pranala.co.id (Pohuwato) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, melalui Bupati Syarif Mbuinga, menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada kepala desa dan perangkatnya yang ada di Bumi Panua.

Bertempat di Gedung Panua, Kantor Bupati Pohuwato, proses penyerahan KIS itupun berlangsung pada, Rabu (12/08/2020).

Foto : ist

Dalam kesempatan tersebut, Syarif Mbuinga mengatakan, penyerahan KIS ini diberikan kepada seluruh kepala desa bersama perangkat pemerintah desa, dimana, agar mereka mendapatkan perlindungan dalam bentuk kerja sama antar pemerintah bersama Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS).

“Pemerintah telah menginisiasi secara baik ke 101 desa yang ada, agar ketika nanti mengalami permasalahan pelayanan beroleh kemudahan, dalam pembiayaan. Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” Tutur Bupati Pohuwato itu.

Lanjut Syarif, adapun program pemerintah lewat BPJS ini, terbagi menjadi dua, pertama yang dibiayai pemerintah untuk masyarakat serta BPJS Mandiri yang memiliki tingkat ekonomi yang memadai.

“Khusus masyarakat yang tidak berkemampuan, maka ditanggung oleh pemerintah lewat dua pendekatan yang ditanggung pemerintah pusat dan lewat sharing antara pemerintah provinsi dan pemkab,” Ujar Syarif.

Bupati Syarif juga menambahkan, dengan diterbitkannya pemberian asuransi BPJS kepada kepala desa dan perangkatnya, dengan harapan agar pemerintah desa meningkatkan peran aktif pemerintah desa dalam memberikan pemahaman kepada masyarakatnya.

“Besar manfaat program ini untuk kepala desa bersama perangkat pemerintah desa, sehingga mereka akan mendapatkan kepastian pelayanan kesehatan yang maksimal,” Tutupnya. (FDL).