Pranala.co.id (Limboto) – Dalam rangka penerapan New Normal, Bupati Gorontalo pagi tadi mengunjungi pasar limboto guna meninjau dan mensosialisasi kepara pedagang.

Diketahui, kunjungan tersebut, Nelson meminta kepada para pedagang agar dapat lebih mematuhi peraturan, utamanya dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kelonggaran ini kami berikan bagi para pedagang, namun jika hal ini tidak diindahkan maka kemungkinan pasar kembali di tutup.” Tegasnya. Kamis (04/06/2020).

Lebih lanjut, Ia mengatakan, sebenarnya pasar tidak perlu ditutup jika memang para pedagang dapat mematuhi aturan yang ada dalam hal ini protokoler kesehatan

Nelson menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antaralain, mengenai lalu lintas di pasar limboto, dimana masuk ditempat jualan para pedagang yang mengakibatkan kemacetan dan ketidakoptimalan pasar itu sendiri.

“Beberapa kekurangan yang saya lihat yang pertama, lalu lintas. Contohnya bentor masih boleh masuk. Jadi tidak boleh bentor masuk. Kemudian parkir juga, kadang kala pasar dijadikan tempat parkir. Kalau pasar yah pasar, jangan dijadikan tempat parkir. Itulah yang mengakibatkan pasar tidak optimal” tegasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada Dinas Perhubungan agar dapat menata kembali Pasar Limboto. Sedangkan untuk Dinas Perindag, dirinya meminta agar dapat membuat tanda-tanda mengenai protokol kesehatan.

Selain itu, kata dia, hal yang utama disebuah pasar, adalah bagaimana pedagang dan pembeli dapat bertransaksi dengan nyaman dan mudah, maka dari itu pasar harus benar-benar dapat ditata agar hal tersebut dapat terpenuhi.

Lebih lanjut, kata Nelson, ia meminta agar nama-nama dari para pedagang dapat didata, dan dibuatkan daftar namanya dan ditempel di beberapa sudut pasar, agar jika terjadi apa-apa, penanggung jawabnya dapat diketahui.

“Hal lainnya yakni, saya ingin disini ada daftar nama penjual. Contohnya penjual ikan siapa namanya, penjual sembako siapa, jadi ada daftar namanya disini, jadi jelas. Agar supaya jika terjadi apa-apa lihat nama itu” Jelas Nelson

Hal terkahir, Bupati Nelson meminta konsistensi para pedagang. Agar setiap berjual dapat tertib, bukan hanya ketika ia datang.

“Saya ingin konsistensi kita. Jangan hanya ketika saya datang baru ditertibkan. Namanya sudah aturan kita harus laksanakan. Saya mohon dukungan dari TNI/Polri untuk memberi kesadaran pada masyarakat. Diayomi mereka, ini demi keselamatan kita semua” Harapnya.