Pranala.co.id (Limboto) – Demi kesehatan dan keselamatan masyarakat Kabupaten Gorontalo, salah satunya terhindar dari coronavirus Corona atau yang biasa disebut Covid-19, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, tak kenal lelah berupaya untuk melakukan pencegahan virus corona atau covid -19 tersebut.

Karena itu, dirinya bersama Polri, TNI, Kejaksanaan, BPBD,Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah perkantoran dan fasilitas umum.

Penyemprotan tersebut Dimulai dari Kantor Sekretariat Daerah, Rumah Sakit, perkantoran dan tempat umum. Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo juga melakukan pengecekan ketersediaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol kesehatan di setiap OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson Mengatakan, tadi kegiatan diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah perkantoran dan fasilitas umum. Setelah itu, Kata Nelson dirinya mengecek setiap kantor OPD dalam rangka memastikan kesiapan SOP Protokol kesehatan di Lingkungan kerja perkantoran.

” Di Lingkungan Kantor dicek, Terkait tempat cuci tangan, alat pegukur suhu badan, banner imbauan kepada masyarakat termasuk mengecek langsung pelayanan di dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo,” Kata Nelson disambangi usai kegiatan itu, Kamis ( 26/03/2020).

Hal ini dilakukan, mengingat sejak Senin tanggal 24 maret hingga 6 April 2020, para PNS dan siswa Kabupaten Gorontalo bekerja dan belajar di rumah. Hanya beberapa pejabat yang berada di kantor dan diberlakukan sistem piket.

Tak hanya itu, Nelson juga melakukan uji coba penyulingan cap tikus yang dilakukan oleh pihak Polres Gorontalo.

“Kebetulan di polres ada 1000 ton cap tikus yang bisa digunakan dalam rangka tes disinfektan karena kadar alkoholnya masih 30% maka dilakukan penyulingan lagi,” kata Nelson.

Sehingga lanjut Nelson, dengan dilakukan penyulingan ulang 1000 ton cap tikus, bisa didapatkan lagi 3000 liter alkohol, yang bisa dimanfaatkan sebagai hand sanitizer dan disinfektan untuk mencegah penyebaran wabah corona di masyarakat.

Ditempat yang sama, Sekertaris daerah Ir. Hadijah U Tayeb menambahkan, sesuai rencana pemerintah daerah melakukan kegiatan ini selama tiga hari yakni 26-.28 maret 2020.” penyemprotan desinfektan untuk tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi masyarakat guna untuk mengantisipasi menyebarnya wabah virus Corona,” Kata Hadijah.

Dirinya berharap semoga wabah ini tidak akan masuk di Gorontalo tetapi kita sebagai manusia kita ikhtiar dan hari ini kita ikhtiar dengan melakukan penyemprotan

” sasaran bagi furniture ataupun Lantai lantai yang tidak sempat kena semprotan sehingga virus ini tidak akan berkembang dan tidak akan hidup karena memang Virus ini sesuai Penjelasan bahwa 34 menit setelah Dia kena air ataupun sabun sekalipun akan cepat mati sehingga itu perlunya adanya penyemprotan,” Ucap Hadijah.

Dibagian lain kepala dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo Dr. Roni Sampir menambahkan pula,
perkembangan covid-19 di Kabupaten Gorontalo hingga hari masih negatif terhadap virus corona. kita terus berdoa mudah-mudahan di Kabupaten Gorontalo dan umumnya di Provinsi Gorontalo terus dalam keadaan negatif.

Untuk Kabupaten Gorontalok Kata Roni Sampir, sampai dengan hari ini orang dengan pemantauan berjumlah 31 orang yang sudah selesai dipantau sejumlah 13 orang Sehingga dalam pemantauan sekarang adalah 18 orang dan pasien dengan pengawasan itu 4 orang yang sudah selesai diawasi dan dinyatakan negatif setelah diperiksa serumnya di litbangkes Kemenkes kesehatan itu sudah dinyatakan negatif dan hari ini kita menunggu hasil pemeriksaan yang dua orang yang sementara di isolasi di rumah sakit aloe sabue dan semoga saja hasilnya negatif

“Insya Allah kegiatan kita hari ini terus membuat keadaan di Kabupaten Gorontalo tetap negatif,” tandas.