Pranala.co.id (Pohuwato) – Pandemi global virus corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Hal ini membuat pemerintah pusat dan pemerintah daerah bergerak cepat melakukan upaya untuk memutus kontak penyebaran virus yang telah banyak memakan korban jiwa itu.

Namun Masyarakat juga dapat melakukan upaya lain untuk membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. Seperti yang dilakukan oleh pemuda di Pohuwato yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Pohuwato Siaga Covid yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Rumah Komunal Kecamatan Marisa yang bertempat di Desa Palopo Kompleks Kompi 1313 Pohuwato.

Fauzan Azim selaku koordinator gerakan mengatakan, disituasi saat ini seharusnya masyarakat harus terlibat untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut.

“Situasi ini menjadikan harus sadar bahwa langkah pencegahan Covid 19 tidak selamanya dibebankan kepada pemerintah. Pemerintah sangat terbatas gerakannya, jangan berharap pemerintah, kita harus mandiri demi diri kita sendiri, lingkungan dan daerah kita,” Tegas Fauzan.

Karena alasan itulah kata Fauzan dirinya bersama gerakan pemuda Pohuwato siaga covid, tergerak untuk melakukan upaya pencegahan covid 19 dilingkungan masyarakat.

“Gerakan ini awalnya sekedar langkah reflektif menanggapi situasi saat ini, namun kami bersyukur gerakan ini mendapat support dari yayasan Hidayah Bangsa yang berkantor di Salatiga, tidak hanya itu dukungan juga terus mengalir dari lembaga kepemudaan Pohuwato,” Ungkap Fauzan.