Pranala.co.id (Limboto) – Merayakan malam tumbilotohe Ramadhan tahun ini, Bupati Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo didampingi Ketua TP-PKK Dr. Fory Naway, M.Pd dan Sekertaris Daerah (Sekda ) , Ir. Hadijah U Tayeb, MM, turut menandainya dengan pemasangan lampu minyak di halaman depan rumah dinas Bupati Gorontalo. Tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu merupakan kebiasaan masyarakat gorontalo yang dilakukan pada tiga atau empat hari mengiringi setiap akhir ramadhan. Pelaksanaan pasang lampu di halaman rudis Bupati dilangsungkan usai sholat magrib, Selasa (19/05/2020).

Malam tumbilotohe memang merupakan tradisi adat istiadat yang telah berlangsung sejak lama dan turun temurun di kalangan umat muslim Gorontalo. Tak heran jika Pemerintah dan masyarakat di daerah ini nampak tetap terus berkomitmen melestarikan tradisi ini walau di tengah pandemi covid-19. “Meski dilakukan sederhana, tradisi tumbilotohe atau pasang lampu di Kabupaten Gorontalo tetap dilaksanakan, meski berada di tengah pandemi Covid 19 kegiatan Ibadah harus tetap dilakukan,” Kata Bupati Nelson disela-sela kegiatan itu.

Ia menambahkan, Walaupun berada di rumah-rumah saya melihat kegiatan ibadah jalan terus, sholat Tarawih, dan tadarusan juga. “Begitu juga dengan pemasangan lampu walaupun sederhana tetap dilakukan artinya tradisi dan keagamaan terus terjaga” ungkap Nelson.

Dengan kesederhanaan tersebut kata Nelson dirinya berharap tidak mengurangi kekhyusukan ibadah ramadhan kali ini. “Dengan kesederhanaan seperti itu sebenarnya justru menimbulkan keharuan terhadap pelaksanaan puasa kali ini.” Tandas Nelson.

Seperti diketahui, malam pasang lampu di rumah dinas Bupati tetap dilaksanakan secara protokol kesehatan. Hal ini hanya dihadiri sejumlah lembaga adat dan imam masjid agung Limboto.