Pranala.co.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan segera merealisasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pekerjaan recofusing dan yang sudah memiliki kontrak pada tahun 2020 dan atau proyek baru.

Asisten II Kab. Gorontalo Doni lahatie mengatakan, PEN ini membiayai dua hal yakni, pertama refocusing yang sudah memiliki kontrak yang dilakukan pada tahun 2020.

Kedua, proyek-proyek baru yang dinilai dapat meningkatkan atau menggairahkan kegiatan ekonomi di Kabupaten Gorontalo untuk tahun 2021.

“Kemarin kita sudah rapat dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mengenai kesiapan daerah untuk pelaksanaanya, jadi pihak SMI tidak menginginkan dana ini begitu di transfer mengendap di kas daerah, jadi mereka (SMI,red) minta perencanaan dan persiapanya di butuhkan,” ungkap Asisten II Kab. Gorontalo Doni Lahatie usai di temui di ruang kerjanya, jum’at (30/5/2021).

Lanjut Doni, untuk perencanaan dan kesiapan, bukan hanya satu dinas saja sehingga, sementara menunggu perencanaan dari dinas-dinas. Namun, ada juga dinas lainnya sudah selesai perencanaanya.

Ada beberapa dinas yang perencanaanya sudah selesai seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dikbud, Perindag sudah selesai. Untuk yang belum kita terima perencanaanya tapi juga anggaran tidak terlalu besar yakni Dinas Pertanian, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata.

“Tinggal dua dinas ini yang belum kita terima karena sementara proses dan belum final,” jelasnya.

Asisten II ini juga menambahkan, target sebelum 1 syawal 1442 dana PEN sudah masuk rekening daerah.

“Target kita sebelum 1 syawal dana sudah ada, karena sekarang masih dalam permintaan administrasi syarat maksimal pencairan dana. Namun untuk syarat lainnya sudah kita kirim,” tutupnya.

Pewarta : Agung Nugraha

Editor : Mira

 

%d blogger menyukai ini: