Pranala.co.id (Limboto) – Ketua Dewan kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengunjungi sejumlah industri kecil menengah (IKM) di wilayah Limboto, telaga biru dan Kecamatan telaga dan tilango, Kamis (02/7/2020). Kunjungan tersebut merupakan program Dekranasda untuk melakukan evaluasi kemajuan industri kecil menengah yang tersebar di kecamatan se-Kabupaten Gorontalo.

Sejumlah IKM yang dikunjungi Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo tersebut diantaranya IKM Nirwana yang memproduksi abon ikan di kecamatan Limboto. Selain itu ada IKM Andini Pastel, produk kue bagea, panada tore dan kue kering desa Lupoyo kecamatan Telaga biru, Sentra IKM kue kering lupoyo, produk kacang keong, kacang potong dan aneka kue kering, IKM Adila cake & kukis, produk aneka kue kering, kecamatan Telaga, IKM Itaz Mode Produk kerajinan karawo di kecamatan Tilango, Sentra IKM tirai di kec. Tilango dan IKM La kelor, produk Aneka olahan daun kelor, kecamatan Telaga.

FOTO : ist

Fory Naway mengatakan, dari hasil kunjungan yang kita lakukan para pelaku IKM ini banyak menghasilkan produk unggulan yang cukup baik. Mereka hasil binaan dari dekransasda Kabupaten Gorontalo.

Dia menyampaikan, bahwa kunjungan ini juga sebagai ajang silaturahim. Selanjutnya dirinya menyarankan agar usaha yang dijalankan jangan sampai kendur. “Walaupun di tengah pandemi usaha-usaha IKM diharapkan tetap ada karena memang semua kebutuhan yang di produki memiliki nilai jual yang tinggi dan senantiasa sebagai bahan kebutuhan masyarakat pada umumnya,” Harap Fory Naway.

Dalam kesempatan itu juga, dirinya berpesan kepada para pelaku IKM agar mempertahankan sertifikat labael, modifikasi hasil produk termasuk mempertahankan kualitas produk. “ Hal ini merupakan tujuan dekranasda untuk terus mempromosikan hasil –hasil produk di ajang pelaksanaan pameran baik tingkat provinsi hingga pameran tingkat nasional,” Tutur Fory Naway.

Ia pun berharap, kepada pelaku IKM hasil produk ini tak hanya dipasarkan melalui pasar dan orderan-orderan khusus yang sudah menjadi langganan. Kalau bisa, hasil produk juga dipasarkan melalui jejaring online. “pasar sangat menentukan, apalagi dalam situasi pandemi saat ini para pelaku IKM harus rajin dengan penjulan online-online tersebut,” Harap dia lagi, sambil mengatakan, dekranasda Kabupaten Gorontalo siap untuk mempromosikan lewat aplikasi online karena pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini punya aplikasi SIPARDI,” Tutup Fory Naway.