Pranala.co.id – Pastikan daging kurban layak konsumsi, dr. Feni Rimporok medik Siteriner Madia Prov. Gorontalo dan sebagai Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Gorontalo mengungkapkan hewan kurban di Masjid Baiturahman Kabupaten Gorontalo sudah aman.

dr. Feni Rimporok medik Siteriner Madia Prov. Gorontalo mengatakan, yang kami cek pada hari ini adalah sampel organ yaitu termasuk hati sapi, paru dan ginjal.

“Alhamdulilah hewan kurban yang kita cek di masjid Baiturahman Limboto ini sudah memenuhi syarat untuk hewan kurban, sudah sehat, dan layak di konsumsi,” ungkap dr. Feni Rimporok Wakil ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Gorontalo, usai di temui di Masjid Baiturahman, Selasa, (20/7/2021).

Ia juga menjelaskan, sebelum hewan ini di korbankan pihaknya juga sudah mengecek kesehatan hewan kurban yang di sebut Antemortem dan untuk pengecekan usai di sembelih yaitu Postmortem.

“Misalnya ada kelainan dalam organ-organ sapi, kita akan melakukan pengafkiran, itu tidak bisa di bagi serta, tidak bisa di konsumsi, ciri-cirinya ada di temukan cacing di dalam hati dan paru sapi,” jelasnya.

Simin Abdul Hasan Staf Dinas Peternakan Kab. Gorontalo menambahkan, jumlah hewan kurban di masjid Baiturahman enam ekor sapi, dari empat kelompok.

“Jumlah kupon kepada masyarakat enam ratus tahun ini di batasi, agar kuponnya sedikit dagingnya yang banyak,” pungkasnya.

Editor : Mira

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: