Pranala.co.id, Kabgor – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway, mengajak masyarakat Kabupaten Gorontalo untuk membudidaya tanaman Porang.

Fory Naway mengatakan, tanaman porang kini sedang menjadi primadona karena laris manis diburu di pasar ekspor.

Karena itu, melalui sosialisasi ketua – ketua PKK di tingkat desa, Fory berharap agar menyampaikan ini kepada masyarakat.

“Tanaman berjenis umbi – umbian ini membuat banyak orang tergiur untuk mulai membudidayakannya, nilai ekonomisnya sangat tinggi untuk peningkatan pendapatan keluarga,” katanya.

Manfaat porang sebenarnya sangat banyak, dijadikan bahan pangan juga bahan baku industri kosmetik dan obat-obatan. Selama ini orang hanya mendapatkan hasil dari tanaman porang liar.

“Umbi Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan Manfaat sangat banyak, antara lain digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik dan kain- lain,” ungkap Fory Naway.

Saat ini pemerintah sudah mendukung penuh pengembangan komoditas porang.

Karena kata Fory, tidak perlu khawatir tentang penjualan hasil panennya. “Kita akan membantu dan menfasilitasi pasar, mari bersama sama menjadikan Porang sebagai komoditas Utama hasil pertanian di Kabupaten Gorontalo untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

%d blogger menyukai ini: