Pranala.co.id-Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Hendra S. Hemeto ucapkan Selamat Hari Tentara Negara Indonesia Angkatan Udara yang ke-75.

Hendra berharap semoga TNI AU semakin jaya berdaulat, serta dapat menjaga Negara Republik Indonesia semakin kuat dan terutama di sektor udara.

Lanjutnya, Hari TNI AU diperingati pada tanggal 9 April setiap tahunnya. Hal ini berkaitan dengan sejarah berdirinya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, yaitu pada tanggal 9 April 1946

Sejarah lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada Tanggal 23 Agustus 1945, guna memperkuat Armada Udara yang saat itu sangat kekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya, demikian seperti dikutip laman resmi TNI AU.

Sejalan dengan perkembangannya berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), pada tanggal 5 Oktober 1945 dengan nama TKR jawatan penerbangan di bawah Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma.

Kemudian, pada 23 Januari 1946 TKR ditingkatkan lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI), sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara.

Setelah itu, pada tanggal 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapuskan dan diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia.

Kini, peristiwa tersebut diperingati sebagai hari lahirnya TNI-AU yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

” Perlu di ketahui TNI-AU ini, disetiap sudut perbatasan yang ada di wilayah bangsa Indonesia melalui sektor udara, mereka menjaga harkat dan martabat NKRI, Itu yang perlu kita apresiasi kepada mereka,” ungkap Wakil Bupati Hendra S. Hemeto saat di temui di ruang kerjanya, kamis (8/4/2021).

Lanjut kata Hendra, tanggung jawab mereka begitu besar kepada Negara Indonesia sehingga tak kenal lelah, mereka pun rela meninggalkan keluarganya untuk Negara.

” menurut saya itu tidak mudah loh menjadi perwira TNI-AU, butuh keahlian menerbang serta latihan bertahan dan menyerang dalam berperang,” ujarnya.

” sekali lagi selamat kepada TNI-AU semoga, semakin jaya, berdaulat, menjaga Negara Republik Indonesia kita semakin kuat, dan terutama dari sektor udara,” tuturnya.

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: