Pranala.co.id (Gorontalo) – Himpunan Mahasiswa Program studi (HMP) Ilmu Pemerintahan Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo, menggelar acara pelantikan Ketua Umum HMP IP masa bakti 2019 – 2020 di Aula Lantai 1 Unisan, Kamis (30/10/2019)

Acara yang mengusung tema “Menatap masa depan organisasi menuju HMP – IP intelektual yang bermatabat” , kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dekan FISIP serta dari Prodi Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Pantauan pranala.co.id Pelantikan tersebut menjadi budaya bahkan menjadi keharusan yang sah secara hukum, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang terbitkan. Kegiatan pelantikan, juga dilakukan mahasiswa, sebagai salah satu instrumen deklarasi bagi pengurus baru.

Faisal Hasania calon terpilih yang telah resmi dilantik menjadi Ketua Umum HMP Ilmu Pemerintahan itu menyatakan pada Pranala.co.id, yang menjadi prioritas utama ia selama menjabat nanti ialah bagaimana mewujudkan kekeluargaan fisip yang lebih harmonis untuk menatap masa depan organisasi internal ini sebagai wadah kekeluargaan.

“Menggapai sesuatu yang lebih, tentunya silaturahmi antara mahasiswa fisip, termasuk senior – senior pendahulu tentunya harus lebih di perkuat lagi, karena tanpa perjuangan senior terdahulu, kita tidak tahu apa – apa, sehingganya terlebih kita harus membangun keharmonisan lebih kuat lagi untuk kejayaan rumah kita Fakultas ilmu Sosial dan Politik ini.” Tuturnya. Kamis (31/10/2019)

Ketua terpilih itu juga menambahkan, sesuai dengan tantangan yang diberikan ketua jurusan ilmu pemerintahan, melalui sambutannya bahwa dalam 1 semester kuliah harus mampu menyelenggarakan 4 kali kegiatan berlangsung, tentunya ini sangatlah bagus yang memacu semangat.

“Pengurus tentunya dalam mencapai sesuatu yang progresif tentu cara kerja harus ditingkatkan, maka hal ini kami sangat tertantang dengan apa yang disampaikan, pasca pelantikan ini, kami akan menyelenggarakan kegiatan dialog yang memang sebelumnya sudah di rapatkan” tutur Faisal

Faisal Hasania berharap, kepengurusan tahun ini tentunya lebih harmonis lagi, dan mampu menciptakan gebrakan – gebrakan baru yang akan membawa HMP – IP lebih baik kedepan.

” sebagai partner kerja bersama jurusan, tentunya kami akan menyelenggrakan kegiatan yang outputnya lebih terasa kepada masyarakat, karena hal itu tidak lepas dari tridarma perguruan tinggi poin ke 3 yakni pengabdian terhadap masyarakat, semisalnya pembuatan desa binaan, dan kontroling musyawarah rencana pembangunan di desa tersebut.” Tandas faisal.

Sementara itu Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan, Marten Nusi mengatakan, kepengurusan baru ditahun ini, tentunya harus lebih progresif daripada sebelumnya, ketika mereka memiliki visi yang jelas dalam pengembangan organisasi, tentu hal itu harus dibarengi dengan azam yang kuat, serta hal – hal yang sifatnya kongkrit.

Progresif yang saya maksud adalah harus ada aktualisasi ketika berhimpun di dalam organisasi tersebut.

Dalam ranga untuk mewujudkan prinsip dasar perguruan tinggi, tentunya Himpunan ini adalah partner kerja daripada prodi ilmu pemerintahan, tentunya 3 aspek tridarma perguruan tinggi tersebut harus didukung dengan program – program yaang sifatnya pengembangan di tataran kemahasiswaan.

“Pengurus ini saya harapkan, untuk kedepannya bisa menunjukan gagasan yang lebih progresif. Dan eksistensinya tidak hanya pada struktur yang tertera melainkan aktualisasi yang konkrit.” Tegasnya.

Prodi ilmu pemerintahan tentunya berharap dengan adanya pengembangan yang dilakukan himpunan ini, kedepan ada penilaian secara positif secara eksternal dari kampus – kampus lain atau perguruan tinggi yang berada di Provinsi Gorontalo, sehingga ini menjadi nilai plus dari masyatakat gorontalo.

Lanjutnya, Kompotitor dalam hal dunia kerja tentunya cukuo menantang, maka dibutuhkan masyarakat tidak hanya cerdas intelektual, melainkan, kecerdasan emosional, skil perlu di asa. Sehingga publik akan menilai bahwa prodi ilmu pemerintahan, eksistensinya memang ada dan bisa menjadi salah satu poin, agar kepercayaan masyarakat terhadap jurusan ini tentunya sangat baik pula.

Dalam Waktu 2 bulan kedepan program di Prodi ilmu pemerintahan, sudah mencanangkan untuk membentuk desa binaan, disalah satu desa kecamatan telaga biru, tentu ini poin penting bisa mendongkrak akreditasi jurusan, dan juga sebagai bentuj pengabdian kepada masyarakat.

” pembentukan desa binaan tidak hanya bicara persoalan MoU melainkan ada ahal yang lebih kongkrit, semisalnya prodi ini diberikan kesempatan pendampingan, musrembang di tingkat desa, mahasiswa kita akan libatkan, dalam mengedukasi masyarakat setempat, terkait rumusan kebijakan yang sesuai mekanismenya” Tutup Kajur Ilmu Pemerintahan.