Pranala.co.id – Organisasi Kepemudaan Kelompok Wirausaha Pemuda (KWP) Ray Kota Gorontalo, Gelar pembukaan kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tahun 2019.

Kegiatan tersebut, merupakan program Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud Republik Indonesia (RI). pembukaan itu dilangsungkan di aula Kantor Lurah Dembe Jaya, Sabtu (7/12/2019).

Menariknya, KWP Ray akan menjadi wadah aspirasi pemuda dalam mewujudkan beberapa kelompok wirausaha bidang otomotif yang memiliki fasilitas lengkap.

Pelatihan yang membidangi otomotif teknik sepeda motor ini, akan berlangsung selama 2 bulan kedepan, kurang lebih 150 Jam perpelatihan.

Marwan Arfan, selaku Ketua KWP Ray Gorontalo mengatakan, saat ini beberapa mindset yang tertanam dari unsur pemuda, produktifitas hanya mengacuh pada point bagaimana langsung kepada hasilnya saja, antara lain, memperoleh barang,peralatan, dan fasilitas. Namun tidak ingin melalui proses pelatihan.

“Persoalan barang dan fasilitas, bukan seolah – olah yang menjadi prioritas, karena secara logika sederhana, hasil hanyalah sebuah bonus, memang hal itu dibutuhkan namun perlu dipandang, proses ialah salah satu instrumen mendapatkan hasil maksimal, sehingga fasilitas yang diberi tidak salah, hal ini serupa untuk pendalaman ilmu peserta didik sebagai bekal dikemudiaj hari. ” tuturnya.

Bagi KWP Ray sendiri, Kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang bersumber dari Direkrorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud RI.

Demi memikirkan Nasib Pemuda, KWP Ray terus mendorong kegiatan pembentukan skill sejauh ini, namun sangat disayangkan, sudah 2 kali KWP Ray mengajukan permohonan kerjasama, bantuan dana hibah melalui APBD Kota Gorontalo, hanya saja Pemerintah kurang merespon.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan, Marwan berharap peserta didik harus tekun dalam mengikuti pelatihan, karena hal ini merupakan program jangka panjang.

Sementara itu Camat Kota Utara H. Nurdin Mohamad, dalam sambutannya serta membuka dengan resmi pelatihan ini mengapresiasi kegiatan KWP Ray.

“Saya mengakui ketekunan dari Ketua KWP Ray dalam melihat peluang, sehingga hari ini kita bisa saksikan bersama dan setahu saya tidak mudah memperoleh program seperti yang dilaksanakan oleh organisasi pemuda KWP Ray ini. Kunci dari semuanya adalah ketekunan dan keseriusan, sehingga nya peserta maksimal dalam mengikuti program ini secara keseluruhan” Ujar Camat Kota Utara.

Pembukaan dihadiri Langsung oleh Kabid Bina Paud Dan PNF Diknas Kota Gorontalo, Drs. Sugianto Pauweni. M.M, Direktur Politeknik Gorontalo, Dr. Trifandi Lasalewo. M.T, Camat Kota Utara, H. Nurdin Mohamad, S.Ag, M.Si, Lurah Dembe Jaya, Faniear Nanda Doda, S.IP. M.Si, dan 20 orang peserta pelatihan.