Pranala.co.id – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Provinsi Gorontalo, pada 10 Oktober mendatang, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kab. Bone Bolango, mengusung 3 figur terbaiknya, sebagai bakal calon Ketua Dekopinwil Provinsi Gorontalo.

Ketiga figur tersebut masing-masing Arifin Suaib, Iwan Mustapa dan Ridwan Monoarfa.

Plt Ketua Dekopinda Kab. Bone Bolango, Statin Kadir menjelaskan, sosok Arifin Suaib layak diusung menjadi calon Ketua Dekopinwil Provinsi, karena kiprahnya di dunia perkoperasian selama ini yang sudah tidak diragukan lagi. Arifin Suaib menurutnya, merupakan figur yang sarat pengalaman dan dedikasi sebagai aktifis Koperasi sejak menjadi mahasiswa. Ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Dekopinda Kab. Gorontalo dan saat ini dipercaya menjadi Bendahara Persatuan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Provinsi Gorontalo.

Dengan bekal pengalaman dan dedikasinya itulah, diharapkan Dekopin Provinsi Gorontalo, mampu memainkan peran penting bagi pengembangan Koperasi yang dinamis, sehat, mandiri dan unggul bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Nama lainnya yang juga dinilai layak masuk nominasi sebagai calon Ketua Dekopinwil Provinsi Gorontalo, adalah sosok Iwan Mustapa yang saat ini menjabat sebagai Asisten III Setda Kab. Bone Bolango. Mantan Kepala Bappeda Kab. Bone Bolango ini, ungkap Statin Kadir, memiliki latar belakang pendidikan Ekonomi yang selama ini menaruh kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan Koperasi, sebagai soko guru perekonomian di tengah masyarakat.

Sementara Ridwan Monoarfa lanjut Statin Kadir, merupakan politisi yang selama ini selalu menyuarakan pentingnya pengembangan Koperasi, sebagai salah satu institusi ekonomi yang memiliki potensi untuk mengangkat derajat perekonomian masyarakat. Sebagai politisi senior, Ridwan Monoarfa juga diyakini memiliki kapasitas yang memadai dalam melakukan pendekatan-pendekatan dengan Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat lainnya dalam kerangka pengembangan Koperasi di Provinsi Gorontalo.

Yang jelas menurut Statin Kadir, Muswil Dekopin Provinsi Gorontalo nanti, diharapkannya dapat mengorbitkan sosok Ketua dan kepengurusan yang memiliki kapabilitas mumpuni dalam mengembangkan dunia Koperasi di Gorontalo, sebagai salah satu instrumen perekonomian yang mampu menunjang pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. (AM)