Pranala.co.id (Gorontalo) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Gorontalo mendapat tambahan satu armada mobil damkar. Sarana itu diharapkan semakin memaksimalkan kinerja petugas atau tim saat terjadi bencana kebakaran . Armada mobil damkar tersebut dilakukan test drive Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo, Kamis (22/07/2020).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, Kabupaten Gorontalo adalah salah satu daerah terluas dan terbanyak penduduknya di Provinsi Gorontalo. Berdasarkan data yang ada, Kata Nelson Tingkat bencana kebakaran tinggi maka pemerintah Kabupaten Gorontalo terus menambah fasilitas.

“Alhamndulilah, dua tahun lalu mendapat bantuan dua armada mobil damkar dari jepang, Hari ini pemerintah membeli sendiri dan sudah saya uji coba,” Kata Nelson usai kegiatan itu.

Tadi juga, saya sudah menyampaikan kepada kepala badan. Pertama, edukasi kepada masyarakat yang utama. Kedua, menyiapkan SDM dan ketiga Fasilitas.

Nelson berharap damkar ini kalau perlu disebarkan termasuk di seluruh OPD. “ disetiap OPD itu saat ini sudah ada alat pemadam ringan yang dalam bentuk tabung dan itu harus ada bimbingan dari ahlinya yang sduah ada di BPBD sehingga mereka bisa menggunakannya dengan baik,” Pinta Nelson.

Foto : im

Menurut Nelson, idealnya kita semua harus siap duka bukan di suka saja. selama ini, menurut nelson orang hanya siap saat senang tapi saat duka terjadi misalnya bencana banjir atau bencana kebakaran tidak siap.

Semengtara itu, Kepala BPBD, Dr. Sumanti Maku menambahkan, kegiatan hari ini adalah bagian program badan penanggulangan bencana Kabupaten Gorontalo dimana didalamnya terdapat satuan unit pemadam kebakaran. Alhamndulillah, tahun ini kita mendapat tambahan anggaran untuk satu unit armada damkar yang hari ini sudah ada di depan mata kita,” Ungkap Sumanti.

Foto : im

Ini merupakan bagian komitemen Bupati Gorontalo untuk memberi daya hukum terhadap tugas –tugas bidang kebencanaan termasuk pemadam kebakaran. Karena itu, Pak Bupati sudah melakukan test drive dan insya allah dapat memberi support tim damkar saat kegiatan –kegiatan di lapangan.