Pranala.co.id – Kabupaten Gorontalo kini memiliki Mobil Penanganan Covid-19 untuk mempercepat pelayanan penanganan Covid-19.

Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, hari ini Kab. Gorontalo sudah memiliki Mobil Penanganan Covid-19 dan ini juga bisa melayani masyarakat mobile.

“Untuk test PCR secara langsung dengan adanya mobil Covid ini Pelayanannya lebih cepat, dan hari ini juga ada pelatihan selama tiga hari kedepan untuk penggunaan SDM Laboratorium yang ada di mobil Penanganan Covid,” ungkap Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo usai di temui di halaman Dinkes Kab. Gorontalo, jum’at (2/7/2021).

Lanjutnya, tentang penggunaan peralatan yang akan di gunakan nanti karena alatnya sudah canggih semuanya sehingga SDMnya harus di siapkan baik.

“Mobil ini kita akan standby akan di pusat pelayanan 119 agar kapanpun masyarakat menelpon akan segera kita layani, ini pelayanannya umum, dan mobil covid ini baru satu unit insya allah akan ada ketambahan lagi,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kadikes Kab. Gorontalo Roni Sampir menjelaskan, fungsi mobil Covid-19 ini pengujian Leb PCR insya allah dengan mobil ini, pemeriksaan PCR di Kab.

Gorontalo akan lebih maksimal ini juga untuk menanggapi pengujian PCR di gorontalo hanya di Balai Pom, sehingga hasilnya selalu terlambat kemudian jangka watunya 3 S/D 4 hari baru keluar hasilnya.

Dengan adanya mobil Penanganan Covid ini bisa mempercepat hasilnya dari pada pemeriksaan Leb dan orang terindikasi positif dapat serta di tangani dengan di isolasi atau isolasi mandiri.

“Dengan adanya Mobil penanganan Covid-19 ini bisa memudahkan pelayanan kepada masyarakat agar tidak susah lagi untuk test PCR kita langsung yang akan mendatangi mereka jika ingin test dan terindikasi positif,” katanya.

Kadinkes Kab. Gorontalo Roni Sampir juga menambahkan, di dalam mobil ini juga ada untuk Vaksin karena ada tempat penyimpanan Vaksin di dalam jadi pencanangan Vaksin juga bisa malalui mobil ini dan test anti Gen juga bisa di lakukan melalui mobil ini.

“Insya allah dengan keberadaan mobil Penanganan Covid-19 ini pemeriksaan Treking kita, testing kita lebih maksimal, yang mana di anjurkan melalui WHO adalah seper seribu perjumlah penduduk perminggu, kalau penduduk Kab. Gorontalo 405.000 maka rata-ratanya kita 400 orang,” pungkasnya.

Pewarta : Agung Nugraha

Editor : Mira

%d blogger menyukai ini: