Pranala.co.id – Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo ikuti video konfrens sinergitas pusat dan daerah, tentang Refocusing, pembuatan Tower TBS di daerah terpencil, selasa, (11/8/2020).

Kadis Kominfo Haris Tome mengatakan, kegiatan dini hari, menanggapi tentang diskusi yang cukup panas, terkait sinergitas, pusat, dan daerah. teman-teman kepala dinas Kominfo seluruh Indonesia banyak yang komplen tentang kinerja kementrian informasi.

“Di masa pandemik seperti ini Dinas Kominfo seluruh indonesia menjadi garda terdepan, menjalankan proses berjalannya pemerintahan, sementara itu kerja-kerja tidak ditunjang dengan anggarannya, karena terjadi Refocusing anggaran, mestinya kementrian Komunikasi itu paham dengan itu,”Tegas Haris.

Lebih lanjut Haris mengatakan, refocusing adalah melakukan relokasi anggaran untuk menangani dampak dari wabah virus Corona (Covid-19) terhadap perekonomian nasional dan membatalkan kegiatan-kegiatan yang dianggap tidak lagi relevan.

Haris menyatakan, dalam minggu ini kadis Kominfo seluruh Indonesia akan menyurati staf Kepresidenan, ke Mentri Republik Indonesia, dan ke Presiden, tentang ungkapan-ungkapan, untuk mengubah wajah Kementrian Kominfo, agar ada evaluasi secara keseluruhan kelembagaan terhadap Kementrian Kominfo.

“apa lagi mereka hanya mengandalkan daerah 3 T yakni, Terluar, Tertinggal dan Terpencil di area Blogspot, jikalau kementrian masih mengikuti kriteria tersebut, maka banyak yang tidak dapat, termasuk Kabupaten Gorontalo, sehingga itu harus dirubah kriteria-kriteria itu, karena untuk membangun tower BTS tidak murah, dan harus koneksinya panjang, kementrian Komunikasi dan  Informatika bersama Dirjen jangan hanya duduk diam, tidak punya perhatian ke daerah,” Ungkap Kadis Haris.

” Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan dan dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web, Spot yakni titik, jadi Blogspot itu, aplikasi web yang bisa menggunakan jaringan kepada titik tertentu saja. Sementara Tower BTS atau Base Transceiver Stasiun sangat berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju ke arah lain, sehingganya Tower BTS ini sangat perlu untuk diadakan.” Jelasnya.

Haris Tome Berharap, semoga ada perubahan kriteria terhadap pembuatan Tower BTS, dan semoga segera dilaksanakan sehingga masyarakat bisa menikmati walaupun di daerah terpencil.