Pranala.co.id (Bonebolango) – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Buata menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Calon Kepala Desa Periode 2019-2025 yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU), Rabu (30/09/2019)

Acara ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pilkades, Camat Botupingge ,Babinsa Buata, Babinkatikmas ,Pengawas Kecamatan, Ketua dan Anggota BPD serta ke 3 (tiga) calon dan tim sukses masing-masing calon.

Ketua Panitia Aswin Rahim, dalam Pengantarnya menyebutkan bahwa hari ini adalah tahapan ke-23 dari 53 Tahapan Pilkades yakni Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Calon Kepala Desa sesuai keputusan Bupati Bone Bolango, tahapan Kegiatan Pelaksanaan Pilkades serentak bergelombang dalam Kabupaten Bone Bolango Tahun 2019.

“Setelah Tahapan Penetapan Bakal Calon Menjadi Calon yang Berhak di Pilih, maka hari ini, Pemilihan Kepala Desa memasuki tahapan ke-23 yaitu Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Calon Kepala Desa” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua BPD, Junus Deti selaku Pengawas Pilkades Tingkat Desa dan meminta agar para calon tidak mengunakan Money Politik, Menjatuhkan Lawan, tetapi bagaimana bersama-sama memunculkan ide gagasan dam program yang inovatif dalam memajukan Desa yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Camat Botupingge yang d wakili oleh Bapak Anas dahlan menyampaikan bahwa siapapun dari ke tiga calon yang nanti akan memenangkan Kontestasi Pilkades di Desa Buata ,supaya tetap menjalin kerjasama untuk bersama-sama membangun dan memajukan Desa Buata.

Dihadapan para Tamu Undangan, Anas Meminta agar seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga kondusifitas dan bersama-sama untuk mensukseskan Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

Hal ini juga dipertegas oleh Kapolsek Botupingge melalui Bhabinkamtibmas Desa, Brigadir sulhan Towapa,Syukur mengajak seluruh komponen masyarakat terutama para calon, Tim sukses, relawan dan simpatisan masing-masing calon, agar bersama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan tahapan demi tahapan pilkades berlangsung.

Berdasarkan hasil Pengundian dan Pencabutan Nomor Urut, diperoleh Nomor Urut 1 atas nama Hariyanto kasim ,Nomor Urut 2 Atas Nama Sardin Junus, Nomor Urut 3 Atas Nama Frengki A. Pakaya.

3 calon kades. Foto : Halim

Usai, Melakukan Pengundian dan Pencabutan Nomor Urut, dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara oleh Para Calon dan Panitia Pilkades, Kemudian Pihak Panitia Membacakan berita acara di Hadapan Peserta Rapat Pleno.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Babinsa desa Buata Serda Syarifudin,
Disampaikan kepada tim sukses agar tetap menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban dlm pilkades desa buata tahun 2019 dan mari kita mewujudkan pilkades buata yg aman,nyaman dan sejuk.” Tutupnya.