Pranala.co.id (Jelajah) – Lovebird (LB) merupakan burung anggota genus Agapornis. Burung yang masih bagian dari keluarga burung nuri ini diberi nama demikian, karena mereka memiliki tingkah laku yang saling berdekatan dan menyayangi satu sama lain.

Jenis burung cinta atau lovebird yang asli kebanyakan berasal dari benua Afrika dan masih ada sembilan spesies yang berhasil diidentifikasi. salah satunya yakni hasil perkawinan silang atau rekayasa genetika.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenal jenis burung ini lebih dalam dan menjadi referensi untuk kamu para pecinta burung, yuk simak jenis burung lovebird Pale fallow yang harganya ternyata tak terduga, lho!

Selain bentuknya yang kecil nan unik, burung lovebird juga memiliki banyak sekali kombinasi warna karena mudah untuk dikawinkan silang. Salah satunya adalah jenis pale fallow yang dibandrol dengan harga mahal.

Pale Fallow adalah salah satu jenis mutasi warna dari burung Lovebird. Jenis mutasi ini pertama kali ditemukan oleh seorang peternak lovebird di California Selatan yang bernama Kay Parcell pada pertengahan tahun 1970.

Di penangkarannya, dia menemukan seekor burung yang berbeda di kandang koloninya.   Didalam sangkar koloni blue personata atau biru bertopeng hitam tersebut, peternak asal amerika ini menemukan anakan lovebird biru mangsi perso dengan mata merah seperti lutino.

Jenis mutasi tersebut merupakan mutasi warna murni yang dihasilkan dari lb biru personata. Jenis mutasi warna baru tersebut di kenal sampai saat ini dengan jenis Lovebird Pale Fallow.   Menurut Kay Parcell untuk mencetak Lovebird Pale Fallow yang bagus sebaiknya menggunakan lb split pale fallow untuk kedua induknya. Jika Induk jantan dan betina visual pale fallow bisa menyebabkan cacat fisik pada hasil anakannya.

Dilansir dari suhukicau.com, Ciri Ciri Lovebird Jenis Pale Fallow Jenis fallow adalah burung yang merupakan hasil mutasi warna yang menghasilkan ciri khas tersendiri. Ketika anda hendak memutuskan untuk merawat burung ini selalu perhatikan tempat kandang burung karena pale fallow sangat sensitive terhadap sinar matahari.

Ciri utama dari jenis fallow yang sering dijumpai di pasar burung adalah memiliki mata yang merah. Anda akan menemukan burung dengan warna yang merah dan merupakan jenis fallow.

Burung ini sendiri merupakan hasil dari perubahan genetik mutasi dan perubahan pigmentasi pada bulu. Jenis burung yang merupakan hasil dari mutasi ini memiliki nama lain seperti Recessive cinnamon, buttercup, yellowhead dan yellowtail. Nama ini sering terdengar untuk menyebut istilah burung lovebird jenis pale fallow.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis burung lovebird pale fallow yang ada di pasaran. Pada umumnya lovebird ini memiliki warna hijau laurel dan duri berwarna abu abu coklat. Namun anda bisa memperhatikan warna mata burung yang berwarna merah sama dengan jenis pale fallow lainya.

Selanjutnya ada jenis burung lovebird dun fallow yang memiliki warna abu abu coklat. Namun spesien satu ini memang memiliki populasi yang sangat minim. Mata merah yang dimiliki oleh burung ini sama dengan jenis burung pale fallow lainya. Ada juga jenis lovebird hasil mutasi yang diberi nama faded. Hasil mutase ini sangat menyimpang dari hasil burung lovebird lainya.

Harga dari Lovebird Jenis Pale Fallow, Dengan memiliki variasi warna tubuh yang berbeda, jenis lovebird pale fallow dibandrol dengan harga yang mahal. Hal ini tergantung dengan warna hasil mutasi yang dimiliki oleh burung. Namun anda bisa menandai jenis lovebird ini karena memiliki ciri mata merah yang khas dan tidak dimiliki oleh burung lovebird lainya. Harga dari burung lovebird PF ini dibandrol dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

Semakin bagus warna dari bulu burung, semakin mahal pula harga yang akan dipatok. Apalagi jika memiliki perpaduan warna dengan jenis lovebird lainya. Misalnya hasil dari perkawinan silang antara lovebird jenis pale fallow dengan jenis euwing tentu akan dibandrol dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Akan berbeda harga apabila burung lovebird jensi PF di kawinkan silang dengan jenis lovebird parblue atau biola. Hasil anakan dari kedua jenis ini akan membuat anda merogoh kocek yang dalam, karena bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk harga burung jenis lovebird pale fallow yang biasa, anda harus membayar dengan kisaran harga 50 juta rupiah. Harga ini tentu berbeda dari satu pasar ke pasar lainya.

Demikian ulasan ciri dan juga harga jenis lovebird pale fallow yang harus anda tahu. Dengan mengetahui ciri khas dari burung ini anda tidak akan mudah tertipu dengan penjual abal abal di pasaran. Ada baiknya anda melakukan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai jenis lovebird yang anda ingin untuk pelihara di rumah anda.