Pranala.co.id- Sekda Kabupaten Gorontalo, bersama Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, hadiri  sekaligus membuka acara Pelatihan, Pemandu Wisata Geopark, Pukul 09.00 Wita, bertempat di Pentadio Resort. Kamis (13/8/2020).

Selaku keynot speaker, Sekda Hadijah mengatakan, pelatihan ini, para peserta diajarkan tentang memajukan dunia parawisata yang ada di Kab.Gorontalo, termasuk cara untuk menggairahkan atau menghidukan lagi parawisata, yang sempat terpuruk dimassa pandemic Covid-19.

“Pelatihan ini di ikuti oleh, 50 peserta yang terdiri dari, para pengelolah wisata, pemandu wisata, Nou dan Uti, dan kepala Desa yang memiliki destinasi wisata di Desanya,” uangkap Hadijah.

Tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan SDM pemandu Wisata, dan juga bisa meningkatkan kemampuan mereka, dengan cara memandu wisatawan di masa pandemic.

Sekda hadijah menambahkan kalau satu pemandu wiasata bisa menguasai strategi – strateginya, saya yakin wisata di Kab.Gorontalo akan maju, sukses dan terkenal sampai kemanca Negara.

“Semoga para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, untuk meningkatkan kemampuan mereka, dan di tangan merekalah wisata bisa bagus,” tutup Hadijah.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah Raga mengatakan, pelatihan Geopark ini adalah program pemerintah daerah yang dilaksanakan selama 2 hari, melalui pemerintah Pusat bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sumber dananya melalui, Dana Alokasi Khusus, Umum APBD.

Kadis Syamsul menyatakan, pelatihan Geopark ini wisata tetap mengedepankan Protokoler Kesehatan, mencuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak jangan berkerumun, dan suhu badan bisa terjaga.

Syamsul Baharudin menjelaskan Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Harapan syamsul semoga pelatihan ini, bisa membangunkan gairah wisatawan, Program Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat akan berjalan.