Pranala.co.id – Kementerian Desa, Kunjungi Kabupaten Gorontalo dalam rangka Peresmian Badan Usaha Milik Desa, serta mendorong kemajuan BUMDES.

Menariknya, Kunjungan Kerja Dirjen Kemendes PDTT disambut dengan meriah oleh warga di Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, minggu (9/8/2020).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Oleh beberapa pejabat baik dari Dirjen Kemendes PDTT Harlina sulistiyorini, pejabat dari Provinsi Gorontalo, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb.

Herlina Sjlistiyorini mengatakan, Tujuan Kunjungan Dirjen PKP Kemendes, dalam rangka Hari Teknologi, serta peninjauan Perkembangan pembangunan yang ada di Gorontalo, yang melalui Desa yang sisi Bumdes, dan Melihat dari sisi pedesaannya.

Dirjen PKP Kemendes menjelaskan terdapat 2 perbedaan, Badan usaha milik desa dan Badan Usaha Milik Desa Bersama, tentu sangat berbeda pengertiannya, Bumdesma ialah sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh para Pemerintah Desa.

“Di Desa Deanaa, sudah mengidentifikasi kebutuhan dari padat karya tunai desa, terdapat 3 bagian  yang masuk dalam program Dana Desa yaitu, Covid, BLT, dan PKTD,” ungkapnya.

Kunjungan Harlina tidak hanya melihat perkembangan BUMDES namun juga meresmikan Kantor BUMDESMA.

Tak hanya itu, Herlina juga meresmikan Program Sikompak bertempat di Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo serta meresmikan gudang jagung melalui Bina Usaha, bertempat di Desa Deanaa.

Peresmian tersebut juga Disaksikan oleh pejabat dari Provinsi Gorontalo, Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb, Kepala Desa Deanaa, Camat Limboto Barat dan antusias masyarakat yang hadir

“semoga Desa-desa bisa berkomunikasi dan dapat bermusyawarah antar Desanya, PKTD, dan terutama pemberdayaan ekonomi,” tuturnya

Sekda Kabupaten Gorongalo, Hadijah U Thaib mengatakan, Pemerintah Kab.Gorontalo pada hari ini ada kunjungan dari Dirjen Kementrian Desa.

“Kunjungan Kemendes meninjau langsung perkembangan BUMDES dan BUMDESMA di Desa Daenaa, melihat pelaksanaan perkembangan BUMDES, alhamdulilah tanggapan beliau sangat positif, insya allah beliau akan membantu, sesuai dengan pendanaan yang dari pusat.” Jelas Hadija.

Pihaknya juga mengatakan, Dirjen Kementrian Desa sangat merespon, untuk kemajuan BUMDES yang ada di Desa Daenaa ini.

Perkembangan dan keberlangsungan Bumdes di desa tersebut , tentunya diharapkan dapat menjadi contoh serta promotor untuk desa-desa lainnya dalam membentuk program bumdes dan pemberdayaan masyarakat sehingga juga bisa maju secara Bersama-sama.

“Harapan saya PKTD dan BUMDES bisa berjalan dengan baik dan desa-desa yang menjalankan ini harus saling mengisi, mendorong untuk keberlangsungan Desa kedepan.” Tutupnya.