Pranala.co.id (Limboto) – Hasil pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, dengan dilantiknya Herlina Lihawa sempat menuai protes oleh para calon sekaligus penggugat hasil pilkades tersebut.

Kepala Inspektorat kabupaten Gorontalo, Drs. Hen Restu M.M menanggapi, terkait polemik Pilkades di Desa Hulawa kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, bahwa mana inspektorat tidak punya hak untuk merekomendasikan pemenang Pilkades Desa Hulawa kepada Bupati, tetapi hanya menyimpulkan hasil dari Pilkades.

Dari kesimpulan itu bahwa mana, ada telaah ke Dinas PMDes dan dari dinas tersebut di disposisi oleh Bupati dan menjadi dasar untuk menentukan pemenang Pilkades.

“Dalam pengkajian kami, inspektorat sudah mengundang masyarakat yang melaporkan, tetapi yang di undang tak kunjung datang.” Tuturnya. Kamis (9/1/2020)

Hen Restu juga menjelaskan, Berdasarkan laporan yang di terima, inspektorat sudah melakukan hal yang terbaik dan apa adanya tetapi, jikalau masih ada masyarakat yang belum puas dengan hasil Pilkades ini, bisa lakukan gugatan melalui PTUN sebagai jalan terakhir .

Sebagai kepala inspektorat kabupaten Gorontalo, Hen restu imbau kepada masyarakat desa hulawa Kec telaga, harus ada kedewasaan berpolitik kerana kalah menang itu biasa, dan siapa yang di lantik dialah yang di amanahi oleh masyarakat di desa tersebut sebagi pemimpin.