Pranala.co.id (Limboto) – Niat tulus Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway untuk terus meningkatkan sumber daya manusia bagi masyarakat Kabupaten Gorontalo ini seakan tak pernah berhenti. Pasalnya, Fory yang juga salah satu dosen di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), itu berkolaborasi dengan UNG untuk menggelar kegiatan Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD), manajement adminstrasi desa berbasis soft skill dan life skill di masyarakat pesisir khususnya di desa Bilato kecamatan Bilato. Rabu, (01/07/2020).

Foto : ist

Kegiatan yang digelar di aula kantor desa Bilato itu turut dihadiri para pemateri dari unsur dekan dan dosen UNG sebagai pembina desa itu. Tampak pula Camat bilato Suharto Pomalingo, Kades Bilato bersama peserta unsur masyarakat setempat.

Fory naway mengatakan, tujuan kegiatan itu tak lain sebagai bentuk peningkatan sumber daya manusia terkait dengan kolaborasi pemerintah kecamatan, desa dengan perguruan tinggi yang bisa memiliki dasar keilmuan yang variatif membantu masyarakat. “ disini mata pencaharian masyarakat ada dua, diantaranya sebagai nelayan dan petani. Kolaborasi ini sebagai contoh kecil bagaimana Soft Skill yang dilakukan itu berdampak pada masyarakat seperti pelatihan, pembinaaan hingga pendampingan,” Kata Fory usai kegiatan itu.

Tujuannya kata Fory adalah, bagaimana masyarakat itu bisa meningkatkan sumber daya alamnya, tapi itu diserap oleh sumber daya manusia yang lebih berkualitas. “Yang membuat berkualitas tentunya pendampingan dari perguruan tinggi,” Tandas Fory Naway.