Pranala.co.id (Gorontalo) – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Gorontalo gelar penanaman 1000 pohon demi menyelamatkan Bumi serambi madinah yang berfalsafah adat bersendikan syara dan syara bersendikan kitabullah. Rabu (30/10/2019).

Dita Anggraini Polapa selaku Ketua KNPI Kota Gorontalo mengatakan, Kegiatan penanaman 1000 pohon tentunya sebagai komitmen pemuda dalam menyelamatkan Kota Gorontalo yang berfalsafah adat bersendikan syara, syara bersendikan kitabullah.

Ketua KNPI dan Ibunda Kelurahan. Foto : Risman

Lanjutnya, kegiatan ini terselenggarakan atas kerja sama dengan aparat kelurahan liluwo Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Melalui program KNPI cinta lingkungan.

“Cinta lingkungan ini sebelumnya saya diskusikan bersama Ibunda Kelurahan yang juga sebagai Bendahara Umum KNPI Kota Gorontalo, hal itu pun disetujui, untuk bibit pohon tentunya atas sinergi bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo.” tuturnya.

Dita pun mengakui, aksi gerakan penanaman pohon akan terus dilakukan hingga hingga ke 50 kelurahan, dari keseluruhan bibit berjumlah 1000 pohon yang nantinya akan dibagikan ke kelurahan – kelurahan usai pelantikan KNPI nanti.

Melihat cuaca yang begitu panas di Gorontalo, tentunya mendorong KNPI untuk bagaimana dapat melestarikan lingkungan dengan penanaman pohon di tiap kelurahan sehingga terciptanya kerindangan.

” hal ini pula mendorong KNPI karena melihat pohon – pohon yang ada di gorontalo banyak yang sudah tidak layak lagi, yang nantinya akan membahayakan bagi pengguna lalulintas, tentu untuk melestarikan hal tersebut, harus ada bibit pohon baru.” Tukasnya.

Sementara itu, Nurhayati Abdullah selaku Ibunda Kelurahan Liluwo menambahkan, agenda penanaman pohon ini tentunya untuk memberi edukasi kepada masyarakat untuk mencintai lingkungan. Terpenting dalam gerakan ini ialah untuk mengajal masyarakat dalam penanaman bibit pohon untuk tetap melestarikan lingkungan yang baik.

“Saya sangat bangga, penanaman 1000 pohon ini kelurahan liluwo sebagai lokus pertama dari 49 kelurahan yang dicanangkan. Kegiatan ini sangat di support juga oleh Kecamatan Kota Tengah, RT/RW, dan komunitas pecinta lingkungan.” Tuturnya.

Nurhayati mengatakan, penanaman ini dilakukan sepanjang jalan selayar kecamatan kota tengah, kegiatan ini juga sebagai kenang – kenangan para pemuda nantinya dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan generasi.

“Komunitas saja mencintai lingkungan, apalagi kita sebagai pemuda yang tentunya sebagai pendongkrak kelestarian alam untuk generasi selanjutnya” Tutupnya.