Pranala.co.id-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gorontalo bakal mengadakan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Saat di wawancarai melalui Via WhatsApp Kadir Martosono sebagai Komisioner KPU mengatakan, Penetapan tersebut rencana bakal berlangsung pada hari Sabtu tanggal 22 February 2021, menindaklanjuti berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Kadir Martosono juga menjelaskan berdasarkan Tahapan yang ada sesuai peraturan KPU, ketika KPU menerima salinan putusan dari KPU RI oleh MK, dengan jangka waktu paling lama 5 hari KPU diberikan waktu untuk melakukan rapat pleno terbuka, dan setelah itu paling lambat 3 hari, KPU harus menyampaikan surat pengusulan pengesahan bupati dan wakil bupati terpilih.

” Pengesahan tersebut yakni melalui DPRD Kabupaten, Selanjutnya disampaikan ke Gubernur lalu Gubernur meneruskan ke Kemendagri,” ungkap Kadir Mertasono, Kamis (18/2/2021).

Kadir Martosono menambahkan, bahwa nantinya bila tidak memiliki halangan, pihak KPU sendiri bakal melaksanakan penetapan calon pada hari Sabtu tanggal 22 Februari 2021 secara tatap muka dengan mengundang para bupati dan wakil bupati kabupaten Gorontalo terpilih tentunya, serta masing-masing pasangan calon, Parpol (Partai Politik) Pengusung, DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), dan Bawaslu (Badan Pengawasan Pemilihan Umum).

” Tentunya tahapan pelaksanaannya bakal memenuhi standar Protokol Kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan tidak ada yang berkerumun. Kita juga bakal mengundang dari gugus tugas,” tutupnya.

 

Pewarta : Agung Nugraha.

%d blogger menyukai ini: