Pranala.co.id – Beberapa Daerah di Provinsi Gorontalo daalam pekan terakhir ini mengupayakan pelaksanaan event balap motor dalam rangka menghibur kepenatan masyarakat usai penerapan social berskala besar, namun sayangnya hal itu tertunda Karena dikabarkan Gorontalo salah satu daerah dengan kasus tertinggi Covid-19 urutan ke 3.

Walaupun sempat terjadi penundaan event balap motor di beberapa Daerah, Namun hal ini berbeda dengan salah salah satu desa di Wilayah Kabupaten Bonebolango, Desa Tolomato Kecamatan Suwawa Tengah, berhasil melaksanakan event latihan bersama Grasstrack dengan begitu meriah.

Menariknya, kegiatan itu turut diikuti berbagai peserta dari beberapa daerah di Provinsi Gorontalo , selain meriah, event ini  memberikan banyak hadiah, berbagai hadiah diantaranya, pembalap yang meraih juara 1 umum diberikan Hadiah berupa thropy beserta uang Rp 1 Juta, juara 2 diberikan uang Rp 750.000 , juara 4 diberi Rp 500.000, juara 4 diberi Rp 300.000 dan juara ke 5 diberi uang Rp 150.000, seluruhnya diberikan thropy.

Trophy untuk para pembalap yang meraih juara

Selain Banyaknya hadiah yang digelontorkan pada event tersebut tak lepas dari banyaknya support dan dukungan pada gelaran kali ini, mulai dari masyarakat, Polsek Setempat, termasuk ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Gorontalo. (20/9/2020)

Saat dikonfirmasi, Ibunda Desa Tolomato Erlina Tobuto , mengatakan Event ini dilangsungkan atas dasar inisiatif secara pribadi yang didukung oleh masyarakat setempat, mengingat masa pandemic saat ini kebanyakan masyarakat merasa jenuh belum lagi ditambah dengan bencana banjir yang sempat menerjang beberapa Desa di kabupaten Bonebolango, untuk membangkitkan semangat tersebut, event ini digelar.

“perlu diketahui kegiatan ini digelar atas dasar karena memang saya sangat hobi dengan event balap motor,termasuk masyarakat di Desa ini, pelaksanaan kegiatan ini tidak menggunakan anggaran Desa melainkan anggaran pribadi dan Swadaya masyarakat. Selain Hobi, Event ini dilaksanakan guna untuk  menghibur masyarakat yang menjadi korban bencana banjir bandang beberapa minggu kemarin. Bagi pengunjung dari kota gorontalo maupun daerah lainnya yang mau menyaksikan kegiatan tersebut dibebankan biaya karcis Rp. 15.000 perorangnya, uang karcis itu kita kumpulkan untuk disalurkan kepada korban bencana yang ada di Kabupaten Bonebolango.” Ungka Kades.

pelaksanaan hari ke 2 event latihan bersama Grasstrack Tolomato Cup 2020. Foto : Pranala.co.id

Lanjutnya, event ini digelar sebagai ajang silaturahmi antardesa, ataupun masyarakat se kabupaten kota Gorontalo, tentunya dalam kegiatan ini tetap mengedepankan protocol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Event ini juga diselenggarakan masi dalam momentum hari Kemerdekaan negera Republik Indonesia ke 75 tahun.

“terdapat beberapa spesifikasi class motor pembalap diantaranya, bebek modifikasi 125 cc, sport campuran 155 cc, bebek 4 tak Cun Up 130 cc, dan bebek standard 2 tak 125 cc. kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, tanggal 19 hingga 20 September 2020.” ungkapnya.

Spesifikasi class motor

Sebagai satu – satunya Perempuan yang menjadi Kepala Desa di Kecamatan suwawa tengah, Erlina mengatakan pihaknya sangat bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses, terlebih dirinya menyampaikan  juara bukanlah terpenting dalam event ini namun kekompakan dan solidaritas antar sesame itu yang lebih penting, apalagi membantu menghibur masyarakat.

“Saya sangat bangga terhadap semanagat para pembalap yang mengikuti event ini, mulai dari perwakilan pohuwato, kota gorontalo, semoga kegiatan seperti ini akan berlanjut kedepan untuk menggalang persahabatan antar sesama pecinta balap, terpenting saya berharap semoga ke 2 pembalap yang mewakili Kecamatan suwawa bisa mengikuti kedepan hingga ke kanca nasional untuk membawa harum Provinsi Gorontalo ini. Termasuk para bibit-bibitpembalap lainnya saya berharap lebih ditingkatkan lagi semangatnya, juara bukanlah terpenting namun kekompakan dan solidaritas antar sesame itu yang lebih penting.” Tandasnya.

Memet Cupet, pembalap yang berhasil meraih Juara 1 umum di event Grasstrack Tolomato Cup. Foto : Risman