Pranala.co.id-Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo lantik 160 orang Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kab. Gorontalo di Gedung Kasmat lahay, senin (5/4/2021).

Nelson Pomalingo berharap yang telah di lantik hari ini terus belajar berinovasi, meningkatkan kinerjanya, dan harus memahami aturan PNS.

” ini adalah awal reformasi birokrasi kita yang sejak awal saya beri tau, lembaganya kita tata bagus, dan jabatan-jabatannya,” ungkap Bupati Gorontalo.

Lanjut kata Nelson, jabatan itu ada dua, struktural dan fungsional. Dalam rangka Profesionalisme Pegawai Negri Sipil (PNS) dari pemerintah daerah sendiri mendorong tentang fungsional, karena itu adalah keahlian kalau struktural adalah jabatan keahlian.

” Itu yang sampai saat ini kita dorong sehingga kita beri peluang kepada mereka berinovasi, belajar terus, dan pada akhirnya meningkatkan kinerja pemerintahan,” kata Nelson.

Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, yang di lantik tadi ada di beberapa kalangan OPD ada yang dari Guru, Perawat, Bidan Dokter, Auditor, Arsiparis, Radiologi, Penyuluh Pertanian dan sebagainya.

” ini juga terus kita dorong Besar kemungkinan bulan berikutnya akan adalagi yang kita lantik setelah di SK kan,” ujarnya.

Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo menjelaskan, tunjangan Fungsional itu sama dengan tunjangan struktural bahkan ada yang lebih.

” Sama dengan saya waktu Rektor dulu, tunjangan Guru besar saya lebih tinggi dari pada, saya sebagai Rektor, ini yang harus di pahami oleh teman-teman PNS karena hari ini banyak cenderung ke jabatan struktural Eselon dua, tiga, empat, bahkan kedepan tidak ada lagi di beberapa tempat juga eselon tiga juga tidak ada dia lebih berarah kepada keahlian kalau dia bicara keahlian kinerjanya lebih bagus Outputnya lebih bagus, sehingga kinerja pemerintahan dan kinerja OPD lebih baik,” jelasnya.

” Saya berharap yang telah di lantik hari ini belajar terus berinovasi, meningkatkan kinerjanya, dan harus memahami aturan PNS. Jangan juga kalau sudah jadi PNS merasa diri Fungsional sebebas-bebasnya melaksanakan tugas harus ada kolaborasi, kerja sama, dan akan optimal keahliannya ketika berkolaborasi,” tutupnya.

Pewarta : Agung Nugraha.