Pranala.co.id – Lembaga latihan kerja (LLK), kembali membuka paket kompotensi keahlian kepada pemuda yang berdomisili di Kota Gorontalo. (8/2/2021)

Menariknya di tahun 2021 terdapat 10 program keahlian yang kembali dibuka LLK kepada masyarakat Gorontalo, terlebih jumlahnya sangat terbatas di tahun 2021 saat ini dengan jumlah hanya untuk 190 peserta saja.

Dari data yang diperoleh pranala.co.id, rincian jurusannya, jurusan tatarias, komputer, menjahit , Teknik kenderaan ringan (TKR), Kelistrikan, meubel, las, teknik sepeda motor, maknik serta Procesing hasil pertanian, Ac . masing – masing jumlah perkelasnya dibatasi 16 peserta saja.

Ketua LLK Wati abas sat ditemui diruang kerjanya mengatakan, pendaftaran di LLK dibuka sejak Bulan Desember 2020 hingga Februari 2021, dibulan ini LLK masih terus membuka pendaftaran hingga akhir bulan nanti karena di LLK terdapat 2 sumber dana, melalui APBN dan APBD.

Para peserta yanng telah memasukan berkasnya.

“Dana yang melalui APBD masih menunggu pergeseran karena kemarin masi ada masalah sedikit, sehingganya masih menunggu pergeseran dan untuk APBN, saya dapat 10 kejuruan, termasuk procesing hasil pertanian, jurusan ini lebih kepada pembuatan produk UMKM (Kue), serta tatarias yang diprioritaskan,” jelas Kepala LLK

Lanjut Kepala LLK, paket jurusan yang dibuka masi fokus terhadap 10 kejuruan, kita ketahui memang di tengah pandemi saat ini banyak hadir warung – warung kopi, namun melalui anggaran yang ada maka LLK fokus terhadap jurusan tersebut, untuk barista kopi sendiri masi menunggu akankah ada aggaran tambahan.

“Intinya pelatihan yang dilaksanakan oleh LLK saat ini lebih fokus terhadap jurusan-jurusan sebelumnya, kedepan jika memungkinkan jurusan barista kopi akan coba dibuka.” terang Wati Abbas.

Wati juga mengatakan jumlah peserta yang dibutuhkan untuk pendaftar itu hanya 190 peserta, tapi sejauh ini yang mendaftar sudah mencapai 350 orang, berarti tingkat keinginan generasi muda di Gorontalo untuk mengikuti pelatihan terbilang sangat tinggi di tahun 2021.

Proses pendaftaran itu menggunakan 2 Metode, online dan Offline dengan persyaratan diantaranya KTP dan Ijasa sekolah. Jika ada pendaftar yang pernah mendaftar di tahun sebelumnya bisa saja menfdaftar kembali tapi dengan jurusan yang berbeda, namun LLK sejauh ini memprioritaskan pendaftar yang baru atau yang belum tercatat mendaftar di tahun sebelumnya, kecil kemungkinan peserta di tahun sebelumnya diterima, karena kita memprioritaskan peserta yang memang fokus terhadap peningkatan skillnya.

” Sejauh ini jurusan yang paling menonjol diminati itu jurusan tatarias, dan ITE.” jelasnya.

Wati menambahkan, rincian pendaftar saat ini degan jurusan yang ada diantaranya, Tatarias berjumlah 161 peserta, Komputer (ITE) 200 peserta, menjahit 56, sepeda motor 35, Kelistrikan 28, meubel 34, Las 24, Teknik kenderaan ringan 1 orang, perbaikan AC 10  dan Procesing hasil pertanian 86 orang.

” saya berharap bagi pendaftar – pendaftar yang ad adi Kota Gorontalo silahkan mendaftarkan dirinya, jika belum diterima jangan berkecil hati, karena masi ada tahun berikutnya, tetap semangat dan terus belajar dalam membentuk skillnya.” Tutupnya.

 

%d blogger menyukai ini: