Pranala.co.id (Limboto) – Masjid Agung Baiturahman Limboto terus dipercantik. Masjid besar di Kabupaten Gorontalo saat ini sementara dibenahi mulai dari kebersihan lingkungan luar masjid hingga dalam masjid.

Ketua Takmirul Masjid Ahmad Lihu mengatakan, pihak takmirul bersama petugas kebersihan dan dibantu para securiti serta jamaah saat ini tengah membenahi masjid agung ini. Diantaranya, melakukan pengecetan bagian luar dan sebagian dalam masjid hingga kebersihan tempat sholat. “ tak hanya itu, dalam mencegah penyebaran virus covid-19 temapt sholat hingga diluar masjid dilakukan penyemprotan,” Kata Ahmad Lihu ,disela-sela pekerjaan masjid itu, Kamis (14/05/2020).

Apa yang dilakukan ini, dengan harapan diakhir ramadhan jika kondisi daerah lebih baik sudah memungkinkan untuk digunakan sholat dan sholat idul fitri bisa dilaksanakan. “ Insya Allah, Jika sudah sudah membaik kondisi daerah dari pandemi covid-19, maka kita melaksanakan sholat Idul Fitri, dan jika belum maka sholatnya di rumah dulu,” Ungkap Ahmad Lihu.

Ia pun mengatakan, saat ini pihak takmirul melakukan pembatasan jarak tempat sholat. “Bahkan Sound System masjid dibenahi,” Kata dia lagi.

Ditanya terkait sumber dana pembenahan masjid itu, Ahmad lihu menjelaskan, bahwa partisipasi terutama dari Bupati Gorontalo bersama Pimpinan OPD. Kemudian, sumber dana lain dari masyarakat dan jamaah masjid agung limboto.

Karena itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada Bupati bersama jajaranya serta kepada masyarakat dan jamaah yang telah berkontribusi dana dalam hal pembenahan masjid ini.

“ Terima kasih kepada seluruh donatur, pak Bupati, Jamaah dan masyarakat. Semua tenaga baik dari tenaga kebersihan, jamaah dan securiti yang telah melibatakan diri dalam kegiatan ini,” Ucap Ahmad Lihu.

Foto : ist

Target, Insya allah, lima hari sebelum pelaksanaan idul Fitri pekerjaaan ini selesai. Pasalnya, dirinya pun menargetkan akan melaksanakan takbiran di masjid ini. “ Kita terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Pak Bupati bersama jajaranya. jika dimungkinkan kondisi daerah maka kita laksanakan takbiran dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Alternatif lain, jika takbiran tidak bisa dilaksanakan maka pihak takmirul masjid tetap melaksanakan takbiran dan masyarakat dan jamaah tetap di rumah mendengakan takbiran melalui sound sistym,” Tutur Ahmad Lihu.

Foto : ist

Selanjunya, sesuai harapan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo sebagai ketua Dewan Masjid Indoensia (DMI) Provinsi Gorontalo bahwa masjid itu tak hanya dimakmurkan akan tetapi harus menjadi lokomotif peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran umat. Karena itu, takmirul masjid agung limboto sesuai dengan visi –misinya akan mewujudkan itu. “ Visi- Misi takmirul masjid agung baiturahman Limboto adalah terwujdukanya masjid agung yang makmur, mandiri, mederen dan megah sebagai pusat peribadatan dan pusat kegiatan umat.

“Kami sudah merancang demi kemakmuran umat, di lokasi parkir masjid ini akan dibuatkan hotel syariah bahkan tempat meeting room yang berkapasitas 100 orang. “ Hotel bisa digunakan dan menunjang sebagai tempat penginapan bagi tamu luar daerah yang ingin menikmati wisata religi baik taman budaya dan kemegahan masjid agung limboto dan bagi peserta meeting yang akan melaksanakan rapat, pertemuan selama beberapa hari.

Direncanakan penginapan itu menjadi 12 kamar dan didalamnya dua bead. Tempatnya akan dipercantik dan bagus serta semua fasilitas lengkap dan refesentetatif. “ apa yang kita buat ini semata –mata untuk memakmurkan umat sesuai harapan kita bersama dengan dewan masjid Indonesia. kita berdayakan remaja masjid dalam mengelola ini sehingga terwjudlah peningkatan kemakmuran umat sesuai visi-misi takmirul masjid agung baiturahman limboto,” Tutup Ahmad Lihu.