Pranala.co.id (Limboto) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mengeluarkan kebijakan perilaku hidup baru atau Norma Perilaku Baru (NP- Baru). Menyikapi hal itu, PKK Kabupaten Gorontalo yang dipimpin langsung ketua Dr. Fory Naway melahirkan program produktif dengan pemanfaatan lahan pekarangan dengan ditanami obat herbal dan apotek hidup. Dalam program ini tak hanya PKK di tingkat Kabupaten yang berperan namun pula hingga PKK tingkat Kecamatan dan desa diharapkan berkontribusi besar dalam program ini. Menariknya, program pemanfaatan lahan pekarangan ini akan di lombakan dan dinilai. “ Pemanfaatan lahan pekarangan akan dinilai dan dilombakan mana yang banyak tanaman herbalnya serta keindahan taman dengan berbagi jenis bunga itu sendiri,” Ungkap Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway disambangi usai pelaksanaan Halal Bi Halal tingkat pengurus PKK Kabupaten, Sabtu (20/06/2020).

Termasuk tanaman jenis Sansevieria tanaman hias unik untuk hunian masa kini yang saat ini lagi trend dan viral. “ Jenis tanaman Sansevieria ini wajib di tanam oleh ibu-ibu di setiap pekarangan rumah ,” Kata Fory Naway.

Selain jenis tanaman itu, ibu –ibu juga wajib menanam jenis tanaman Aloe Vera atau lidah buaya yang banyak memiliki banyak khasiatnya. Lidah buaya yang sudah kategori Sansevieria sangat bagus digunakan di pajang di rumah untuk menghilangkan bau-bauan termasuk bau rokok, bau kamar mandi maupun dapur.

Kemudian juga tanaman sereh atau serai. Saat ini sudah musim penghujan yakni fungsinya tak hanya menjadi bumbu masakan tapi juga digunakan untuk mengusir nyamuk yang berakibat penyakit demam berdarah. “ Sereh tak hanya difungsikan bumbu masakan tapi lebih pada obat menghilangkan nyamuk karena aromanya baik untuk itu, “ Tambahnya.

Kemudian juga budidaya tanaman buah sukun yang sekarang sudah mulai dilupakan. Padahal kata dia, tahun 2016 sejak dirinya memimpin PKK tanaman ini digalakan. Namun mungkin sudah bergantian tanaman yang lebih viral. “ Kami bilang ini tanaman paten untuk kita termasuk budidaya tanaman adat berupa polohungo untuk keindahan rumah dan sukun yang daunnya untuk teh termasuk obat jantung, gula darah dan endingnya semua tanaman ini bermanfaaat,” jelas Fory.

Fory menambahkan, semua jenis tanaman ini wajib ditanam. Nantinya, PKK Kabupaten Gorontalo akan membuat pelatihan bagaimana mengelola semua jenis tanaman itu untuk menjadi jenis herbal yang fungsinya berbagai penangkal penyakit.