Pranala.co.id – Peringati Momentum Hari Pahlawan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pohuwato gelar aksi refleksi yang diwarnai dengan tatrikal, Tabur bunga, pembagian pin yang bergambrkan wajah pahlawan hingga puisi berantai. aksi para mahasiswa ini dilangsungkan di simpang empat Blok Plan, Kecamatan Marisa. (10/11.2020).

Menariknya, aksi yang dilangsungkan para mahasiswa ini mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tidak melupakan jasa para pahlawan. Sebab itu, dalam teatrikal yang mengusung tema perjuangan melawan penjajah, para mahasiswa menampilkan sosok seluruh pahlawan Nasional termasuk salah satu diantaranya, Nani Wartabone yang juga sebagai pahlawan yang telah berjasa atas kemerdekaan Gorontalo sejak tahun 1942.

Selain itu, untuk mengenang jasa para pahlawan, sekitar 60 Kader mahasiswa Islam ini membentuk satu lingkaran sambil memegang lilin hingga menaburkan bunga diatas foto Pahlawan Nasional. Hal ini mendapat respon baik dari pihak aparat Kepolisian hingga salah satu perwakilan dari mereka turut menaburkan bunga tersebut.

Tabur Bunga dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam dan aparat Kepolisian, Kabupaten Pohuwato

Hasbulloh selaku Ketua Umum HMI Cabang Pohuwato mengatakan, aksi ini sebagai bentuk edukasi kepada generasi akan pentingnya momentum ini sebagai instrumen mengenang perjuangan para pahlawan yang tengah berjuang memerdekakan Negara ini.

Lanjut Ketua HMI, aksi ini perlu dilaksanakan, karena dewasa ini, para generasi seakan acuh tak acuh atas perjuangan yang telah ditorehkkan para pendahulu, sehingganya sebagai generasi yang hidup dijaman serba kecanggihan, tentu seluruh elemen memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, terlebih saling bahu membahu memerdekakan masyarakat dari sebuah kebodohan akibat tidak meratanya pendidikan.

Hening Cipta Seluruh Kader HMI Cabang Pohuwato dalam mengenang jasa para pahlawannya.

“Jiwa patriot harus tetap dimiliki seluruh warga di Kabupaten Pohuwato, Kami ingin menggugah hati nurani pemuda bahwa kita membutuhkan pemikir dan tindakan positif untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” Terang Hasbulloh.

Ikut mempertahankan kemerdekaan menurut Ketua Umum HMI Pohuwato ini, tidak harus melakukan hal yang besar, Minimal tidak sering membuat gaduh di masyarakat. Peduli terhadap satu sama lain, lingkungan dan terpenting tetap menghargai jasa pahlawannya.