Pranala.co.id (Limboto) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indomesia (Menpora RI) Dr. Zainuddin Amali M.Si. disambut baik dengan adat Mopotilolo di Rumah Dinas Bupati Gorontalo. Rabu (22/1/2020)

Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Turut hadir dallam rangkaian adat antaralain,kunjungan kerja kali ini, Menpora bersama keluarga di dampingi oleh Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Idris Rahim M.Si., Bupati Kabgor Prof. Dr. Ir Nelson Pomalingo M.Pd., Bupati Gorut Dr. Indra Yasin S.H, M.H.

Setibanya di dalam ruangan rumah dinas, Zainudin Amali dan istri disambut dengan adat Gorontalo sebagai ungkapan syukur dan terimakasih serta ucapan selamat datang di Provinsi Gorontalo.

Tak hanya itu, Menpora pun disuguhi adat gorontalo yakni Mopodungga lo tilolo atau menggelar dengan sekapur sirih yang juga disebut sebagai suguhan kepada tamu – tamu terhormat untuk yang pertama kalinya berkunjung ke Daerah Gorontalo.

Suguhan makanan dan minuman adat Gorontalo kepada Menpora. Photo : risman

Setelahnya, Menpora disuguhi dengan makanan dan minuman adat Gorontalo yang terdiri dari 4 unsur antaralain, huta (tanah), taluhu (air), Dupoto (angin), dan tulu (api). Ke 4 unsur tersebut adalah sumber kehidupan yang mengandung makna, bahwa Bapak bersama Ibu dan rombongan adalah tamu utama yang telah diterima oleh masyarakat Duluwo limo lo pohalaa dan beroleh restu memasuki wilayah Provinsi Gorontalo.

Diakhir rangkaian kegiatan para ulama dan pemangku adat langsungkan adat Mongabi atau yang diistilahkan dengan pernyataan bahwa seluruh rangkaian upacara adat mopotilolo telah selesai dan sempurna.