Pranala.co.id (Deprov) – Maraknya isu tentang penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 Pemerintah Arab Saudi telah mengambil keputusan menghentikan sementara waktu pelaksanaan ibadah umroh bagi umat muslim disemua negara, termasuk Indonesia.

Sebanyak 300an jemaah calon umroh berasal dari Gorontalo terdampak dari kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut.

Yang seharusnya para jemaah itu akan diberangkatkan pada bulan Maret ini oleh 12 travel yang resmi terdaftar di Kantor Wilayah Kemenag.

“Kalau saya hitung ada sekitar 300an yang ditunda dulu pemberangkatannya. dari 12 travel yang ada, jadi jumlahnya macam-macam.” Kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Mahmud Bobihoe

Disisi lain salah satu wakil dari biro perjalanan umroh PT Lamahu Tour Fredi Tohopi mengatakan jadwal pemberangkatan mereka dua bulan ini tertunda akibat beredarnya isu virus corona tersebut.

“Jadi schedule Pemberangkatan umroh kita ada di bulan Maret tanggal 8, di Februari tanggal 27 dan 28 itu semua terdampak oleh isu corona ini. Sehingga total semua ada hampir ada 100 jemaah yang batal.” Jelasnya.

 

(Fajar Abdullah)