Pranala.co.id (Limboto) –  Sejak menjadi Bupati Kabupaten Gorontalo, Profesor Nelson Pomalingo miliki tekad besar Kembangkan sektor pariwisata di Daerah, hal itu diinginkannya dalam rangka  menumbuhkan ekonomi kerakyatan.

Menariknya,  tidak hanya lokasi destinasi wisata yang terus dibenahi dan ditata namun Sumber daya Manusia (SDM) pun terus ditingkatkan. Dalam memaksimalkan sumber daya tersebut, Bupati berlatarbelakang akademisi itu menggandeng pihak  Politeknik Pariwisata ( Potekar) makasar. Kolaborasi kedua instansi itu dalam rangka Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengelolaan Wisata Baru Khusus wilayah Kabupaten Gorontalo.

Bimtek itu diselenggarakan selama 3 hari kedepan, 16-18 maret 2020 bertempat  disalah satu Hotel di Kota Gorontalo. peserta  pun terdiri dari Dinas Disporapar, para pengelolah wisata di Kabupaten Gorontalo serta kepala desa yang memiliki potensi wisata di desa masing-masing.

Nelson Pomalingo dalam arahannya, bidang parawisata merupakan potensi besar bagi daerah dalam menumbuhkan kreatifitas SDM. Karena disana akan mucul dengan baik kreatifitas masyarakat termasuk mendorong peningkatan  pendapatan masyarakat.

Lebih lanjut mantan Ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Gorontalo itu mengatakan, pengembangan sektor pariwisata di Daerah tentunya berdampak pula pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).  ” karena itu,sejak awal Pemerintah Kabupaten Gorontalo salah satu  program utama dikembangkan ekonomi kreatif termasuk pertanian terpadu” Beber Nelson.(17/03).

Ketua ikatan pencak silat Indonesia ( IPSI) Gorontalo itu pun menambahkan, selain ekonomi kreatif, dirinya juga terus mendorong event – event  parawisata.

” Event -event pariwisata ini terus didorong  tingkatannya, dari lokal, nasional bahkan Internasional. Nah, semua ini tentunya  SDM yang paling dibutuhkan dalam pengembangan tersebut,” Tutur Nelson.

Ia pun berharap, hasil kolaborasi antara kedua lembaga ini tak hanya fokus pada peingkatan SDM pengelola pariwisata, namun lebih dari pada lahirnya destinasi wisata di Kabupaten Gorontalo sehingga ini dapat  dikelolah dengan baik secara bersama.

Ditempat terpisah,  Direktur Poltekes pariwisata Makasar, Muhammad Arifin berharap, bimtek ini dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat Kabupaten Gorontalo.

” Kontribusi dimulai dari pemahaman tentang daya tarik destinasi wisata, sehingga peserta ini diberikan materi dan teori untuk bagaimna mengembangkan parawisata itu”, pungkas Muhammad