Pranala.co.id (Limboto) – Sektor perikanan terus ditingkatkan produksinya. Potensi perikanan di kabupaten gorontalo tersebut, kini semakin diminati oleh pelaku usaha asing. Hal itu terbukti dengan investor Jepang PT. Awina Sinergy International temui Bupati Nelson Pomalingo. Rabu, (05/02/20).

Menariknya, pertemuan di rumah dinas kabupaten gorontalo itu cukup serius guna membahas kemitraan di bidang kemaritiman. Dalam memanfaatkan kesempatan yang ada, khususnya dalam memajukan sektor SDA yang dimiliki Gorontalo.

Prof Nelson Pomalingo mengatakan, untuk mengembangkan potensi perikanan kini kabupaten gorontalo tentunya harus ada kerja sama, mengingat Kebutuhan konsumsi ikan di Negara seperti Jepang, terbilang cukup tinggi, sehingga peluang ini yang kemudian dimanfaatkan.

Pertemuan Bupati Gorontalo dengan Investor Jepang. Photo : ist

Lanjut Nelson , Kabupaten Gorontalo merupakan Wilayah maritim yang terletak di Teluk Tomini laut Sulawesi. Soal potensi ikan, tidak diragukan lagi.

“Investor Jepang sudah melihat langsung potensi yang kita miliki. Kedepan, kita akan berkolaborasi dengan mereka dalam bidang perikanan.

Bupati Gorontalo itu juga menambahkan, Dengan Adanya kolaborasi itu, Tentunya, Pemerintah akan memikirkan langkah-langkah kongkrit yang akan dilakukan. Misalnya terkait budidaya, pemelihraan, serta bagaimana cara pengiriman ikan.

Bukan hanya itu, Nelson juga menuturkan, selain kerjasama dalam bidang perikanan, Pemerintah juga akan mengembangkan kerjasama di bidang Energi terbarukan. Sehingga hal ini menjadi pencontohan bagi Daerah-Daerah lain.

Sementara itu, Pihak Perusahaan PT. Awina Sinegy International yang di wakili juru bicaranya, Bambang. Menjelaskan, bahwa benar pihaknya akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Ada dua hal penting yang kita akan kembangkangkan disini. Yaitu Perikanan dan Energy terbarukan,” bebernya

Bambang mengaku, bahwa saat ini kebutuhan ikan di Negara Jepang, cukup terbilang tinggi, dan penting. Karena perubahan iklim yang terus menerus, sehingga ikan di Negara Sakura tersebut sangat sulit ditemukan.