Pranala.co.id (Limboto ) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalongo memimpin apel kesiapsiagaan dalam rangka Penerapan Normal (NP) Baru di Kabupaten Gorontalo yang digelar di halaman Rumah Sakit Umum Daerah MM Dunda Limboto, Senin (15/6/2020).

Dalam sambutanya Bupati Nelson menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas medis yang telah menjadi garda terdepan dalam menangani penyebaran virus corona di Kabupaten Gorontalo.
Menurut Nelson, para tenaga medis telah memberikan dedikasi yang sangat tinggi untuk menangani para pasien agar dapat sembuh.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para dokter, para perawat dan seluruh para medis yang terlibat, mereka merupakan para pahlawan kemanusian, terusterang saja saya sangat terharu melihat perjuangan teman – teman tim medis,” kata Bupati Nelson.

“Kita berharap dengan penerapan normal baru ini, kehidupan kita bisa kembali seperti semula, dimana seluruh aktifitas bisa mulai dilakukan akan tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Nelson.

Lebih lanjut, Ia juga melakukan imbauan agar tenaga kesehatan dapat membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik pribadi hingga lingkungan.

Foto : im

“Untuk itu, meski telah melangsungkan normal baru ini kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan dan saya berharap RS menjadi contoh terutama tenaga kesehatan dan jika merasa sakit diharapkan tetap di rumah dan tetap menjaga jarak,” harapnya.

Di lolasi yang sama Direktur RS MM Dunda Limboto, Irawan Huntuyungo menjelaskan bahwa saat ini RS Dunda bukan Rumah Sakit rujukan pasien Covid 19, sehingga itu ia berharap kepada seluruh masyarakat tidak perlu khwatir lagi selain itu juga Ia beserta seluruh tenaga medis mendukung norma perilaku baru yang diterapkan pemerintah daerah.

“Masyarakat tidak usah takut untuk datang di RS Dunda, kamipun akan memaksimalkan perawatan kepada pasien secara umum dan kami siap menerapkan NP Baru adapun aturan – aturan yang kami terapkan diantaranya dilarang membawa anak – anak ketika berkunjung ke RS, menerapkan pembukaan akses keluar masuk satu pintu, membuka pelayanan secara online melalui website resmi RS Dunda, menanam tanaman obat keluarga atau TOGA di seputaran RS,” pungkasnya. (*im)