Pranala.co.id (Limboto) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo, dalam hal ini Bupati Kabupaten Gorontalo Prof Nelson Pomalingo menyerahkan langsung  usulan ranperda APBD Kabupaten Gorontalo tahun 2020 kepada Ketua DPRD  Syam T Ase, disela-sela rapat paripurna DPRD.

Rapat Paripurna sendiri dalam rangka pembahasan ranperda APBD Kabupaten Gorontalo tahun anggaran 2020, yang berlangsung di ruang sidang kantor DPRD Kabupaten Gorontalo, Selasa (12/11/19).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Syam T Ase dan didampingi wakil ketua DPRD Irwan Dai.  Tampak hadir Sekda Ir. Hadijah U Tayeb, Asisten III Drs. Hen Restu, staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD serta Camat Se Kabupaten Gorontalo. Tampak hadir pula Perwakilan Perguruan Tinggi, Forkpimnda Kabupaten Gorontalo, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, agenda sidang hari ini memiliki makna penting dan sangat strategis, bagi kesinambungan proses pembangunan di Kabupaten Gorontalo kedepan.

“Hari ini kita akan merumuskan bersama kebijakan anggaran Kabupaten Gorontalo untuk tahun 2020 sebagai tahun ke empat pelaksanaan RPJMD dalam upaya mewujudkan Kabupaten Gorontalo gemilang.” Ungkap Nelson

Dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, tahun 2020 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMN 2020-2024. Pemerintah dalam rencana kerja 2020 mengusung tema “ Peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang berkualitas”.

“Dengan titik berat pembangunan diarahkan, pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, Infrastruktur dan pemerataan wilayah, Industrialisasi dan kesempatan kerja, ketahanan pangan, Air dan energi serta Lingkungan Hidup.” Jelas Nelson

Nelson juga menyampaikan, dalam bingkai pemerintahan yang harmonis, sudah selayaknya tercipta sinkronisasi dan keselarasan antara tujuan pembangunan daerah,dengan tujuan pembangunan nasional.

“Karena itu, Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam RKPD 2020 telah menetapkan tema pembangunan”peningkatan nilai tambah sumber daya manusia untuk pertumbuhan yang inklusif.” Ujar Nelson

“Dengan Fokus utama pembangunan menitik beratkan pada penanggulangan kemiskinan dan sumber daya  manusia, Infrastruktur dan Lingkungan hidup,pertanian terpadu dan ekonomi kreatif.” Tambahnya lagi

Nelson berharap, Pembahasan usulan anggaran tahun 2020 sudah sesuai mekanisme, sudah di bedah, finalnya di DPRD. Sehingga menjadi Kado buat HUT Kabupaten Gorontalo ke -346 tahun 2019

“Sekarang ini, sektor kesehatan 10 persen, sektor pendidikan 20 persen di penuhi infrastruktur juga minimal 5 persen termasuk anggaran penanganan kemiskinan diperbanyak.

Diakhir penyampaiannya, Nelson menargetkan, mulai tahun depan semua program untuk lima tahun bisa tercapai, dan menjadi fokus pembagunan pada tahun 2020. Diantaranya mengacu pada RPJMD, efisiensi layanan-layanan  dasar lainnya terpenuhi dengan baik.

“Untuk besaran anggaran tahun 2020 kurang lebih 1,6 triliun. Jadi terjadi peningkatan walaupun peningkatannya hanya sebesar 50 miliyar. Dibanding dengan tahun kemarin sebesar 100 Milyar,  karena memang  dari pusat dana perimbangan berkurang, karena DID kita berkurang, disisi lain tahun depan ada pilkada,” Tutup Nelson.