Pranala.co.id (Limboto) – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo pagi tadi mengikuti apel di Rumah Sakit MM Dunda Limboto yang dilanjutkan dengan peninjauan ruangan di rumah sakit tersebut.

Nelson mengatakan bahwah rumah sakit harus menjadi contoh penerapan Norma Perilaku (NP) baru yang berbasis pada penerapan protokol kesehatan.

“Minggu ini kita melakukan sosialisasi, dan salah satunya saya mengikuti apel kerja diseluruh OPD dan dimulai dari rumah sakit. Kenapa rumah sakit, karena rumah sakit itu harus menjadi contoh” Ungkap Nelson usai melakukan peninjauan ruangan di Rumah Sakit MM Dunda Limboto. Senin (15/06/2020).

Menurutnya, karena covid-19 erat kaitannya dengan kesehatan, maka dari itu orang kesehatan yang harus menjadi contoh. Bukan hanya itu, ia juga mengatakan bahwa rumah sakit harus menjadi tempat pelayanan yang paling besar, yakni interaksi pelayanan kesehatan yang lebih tinggi. Maka dari itu rumah sakit harus bisa membenah diri.

Selain itu kata dia, semenjak covid-19 ini masuk ke Indonesia, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit cenderung menurun.

“Dengan adanya covid-19 ini, tingkat kepercayaan fasilitas kesehatan itu, termasuk rumah sakit ikut menurun, dan jumlah orang yang ke rumah sakit menurun. Kalau dulu itu orang menginap sampai seribuan, sekarang hanya berkisar pada 300-an. Semoga karena memang mereka sehat-sehat saja”Terang Nelson

Lebih lanjut kata dia, pemerintah akan terus memberikan perhatian khusus kepada setiap tenaga medis, meliputi ketersediaan alat pelindung diri (APD), termasuk memberikan tempat karantina untuk tenaga medis yang menangani pasien dalam pengawas (PDP) yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Nelson menyebut bahwa masyarakat seperti phobia dengan rumah sakit. Seolah jika datang ke rumah sakit maka pasti akan terjangkit virus corona. Maka dari itu ia meminta pihak rumah sakit dan pemerintah harus bisa menghilangkan stigma seperti itu.

“Kita juga sudah berkordinasi dengan pihak rumah sakit, hal-hal apa yang harus kita benahi” Pungkasnya.