Pranala.co.id – Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia Propinsi Gorontalo lakukan Opservasi ke Wisata Karang Putih, Desa. Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, minggu, (6/9/2020).

Di hadiri oleh HPI, Pokdarwis Kec. Batudaa Pantai, dan Ikatan Kerukunan Pelajar Mahasiswa Batudaa Pantai.

Saat di temui awak media, Ketua HPI Propinsi Gorontalo Harmin Lohane mengatakan, Karang Putih ini jika dipandangan, lebih dominan menyajikan keunggulan karangnya yang indah serta sangat bagus untuk jika kita ingin melangsungkan Snorkling.

” pantai ini sangat indah jika ditata sedemikian rupa, pantai yang menghadirkan suasana indah nan sejuk ini masi memiliki berbagai Kekurangan, yang perlu dikembangkan lagi, semisalkan pengelolaan Objek, minimnya penerangan, penginapan untuk para pelancong agak jauh dari lokasi ini dan lainnya,” ujar Harmin Lohane Ketua HPI Provinsi Gorontalo.

Harmin mengatakan, jikalau memang ada investor yang mau masuk tentu lokasi wisata ini akan lebih bagus penataannya seperti Day center, kehadiran investor tentunya berguna untuk menggerakkan Pariwisata karang putih akan jauh lebih indah untuk dikunjungi para pelancong mancanegara.

Objek Wisata Karang Putih sajikan keistimewaan alam untuk berakhir pekan. Bertempat di Desa Lamu Kab.Gorontalo.

Di indonesia Khususnya Gorontalo, memiliki begitu banyak keanekaragaman ekowisata yang memang menggugah para pelancong, hanya saja tempat wisata terkadang kurang ditata sehingga tak semua wisatawan tertarik untuk menikmati keindahan alamnya.

Ketua Pokdarwis Desa Lamu Sintiya Dewi Djunubi menambahkan, strategi untuk Wisata Karang Putih, langkah awalnya yaitu penataan dulu, Promosi, dan sekaligus minta kerja sama kepada HPI untuk sering memajukan Wisata Karang Putih.

“Untuk mengembangkan Destinasi wisata karang putih perencanaannya kita sudah siapkan mulai dari Draf dan konsepnya, kita tinggal menunggu anggaran saja untuk pengelolaan wisata ini.” Jelasnya.

Sintiya Dewi Djunubi juga mengungkapkan , beberapa yang menjadi perencanaan untuk pengelolaan wisata ini diantaranya ialah akses jalan akan di renovasi dan lebih menggunakan paving blok wisatawan punya akses yang bagus ketika ingin bepergian di wisata ini, tidak hanya jalan, termasuk penataan tempat parkiran.

Pembangunan Home stay, taman bermain anak, pendirian pagar berbahan bambu cotage di tengah laut, pembuatan terowongon berbahan sampah pelastik, dan lainnya. Menggunakan sampah plastik hal ini sebagai kampanye untuk wisatawan yang berkunjung.

Objek Wisata Karang Putih sangat bagus dijadikan lokasi akhir pekan bersama keluarga, termasuk bagus untuk Snorkeling.

“Jika karang putih telah tertata dengan baik mulai dari jalannya, lokasi parkirnya dan lain sebagainya, tentu akan begitu banyak wisatawan mancanegara yang akan datang. Terlebih jika banyak wisatawan yang terpesona dengan keistimewaan karang putih, jelas perekonomian masyarakat sekitar juga akan ikut meningkat.” Ungkapnya.

Ketua Pembina Pokdarwis Kecamatan Batudaa Pantai Rinto DJ Suaib menambahkan, perencanaan untuk penataan wisata Karang Putih berjumlah 1,7 Miliar dan mungkin yang akan terkafer di anggaran 2021 dari Dana Desa berjumlah, 150 Juta, dari pembuatan pagar Bambunya berjumlah, 75 Juta, dan pembuatan Cottagenya 75 Juta karena akan ada 5 unit cottage.

” Kami mengharapkan kedepan ada bantuan dari Pemda baik Kabupaten maupun Provinsi Gorontalo, untuk Wisata Karang Putih kedepan sehingga wisatawan manca negara akan lebih banyak berkunjung ke daerah ini, hal ini juga untuk meningkatkan perekonomian pasca pandemi.” Tutup Ketua Pembina Pokdarwis Kecamatan Batudaa Pantai. (Agung Nugraha)