Pranala.co.id (Limboto) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus menindaklanjuti MoU perjanjian kerja sama (PKS), dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar yang selama ini telah dijalankan. Kerjasama ini diangggap oleh pihak UNHAS Makassar berjalan dengan baik sehingga Kabupaten Gorontalo merupakan Kabupaten pertama yang ditawari untuk program Double Degree (Program Gelar Ganda).

Program gelar ganda ini diperuntukan untuk aparat atau ASN dalam rangka meningkatkan kompetensi sehubungan dengan kebijakan publik dan manajemen ASN. Peluang yang sangat baik ini tentunya akan berguna bagi pemerintah daerah. Karena sangat jelas untuk program Double Degree ini tidak hanya kuliah di UNHAS, tapi juga akan mengikuti perkuliahan selama satu tahun atau dua semester di Viktor University yang berada di welington, selandia baru dan The University Of Melbourne, Australia.

“Peluang kerjasama ini pun menjadi jaringan pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo untuk kerjasama di bidang lainnya” Kata Kepala Bagian Kerjasama Global, Viktor Asiku saat ditemui usai rapat dengan pihak UNHAS secara daring, Kamis (11/06/2020).

Foto : im

Terpisah, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, program gelar ganda ini merupakan program tawaran dari UNHAS Maksar dan kerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. “Seperti saya selalu sampaikan membangun Negara kita punya birokrasi yang baik. Maka seluruh sektor pembangunan jadi baik karena kita diberikan kepercayaan oleh negara maupun rakyat,” Kata Nelson.

Menurut Nelson, untuk jurusan Program double degree megister terkait dengan pelayanan publik Program ini didukung beasiswa dari lembaga pengelolah dana pendidikan (LPDP) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo hanya menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bentuk kursus bahasa inggris, bila dia lulus otomatis bisa ikut satu semester Universitas Hasanuddin Makassar setelah itu melanjutkan kuliah di luar negeri,” tutur Nelson.

Dengan demikian, SDM kita perlu diperkuat. Namun, disisi lain dirinya ingin gorontalo itu menglobal. “Dan hari ini, pemerintah Kabupaten Gorontalo punya satu intansi yaitu Kerjasama Global. Baik dibidang pertanian, lingkungan hidup, ekonomi sudah banyak, maka SDM disiapkan dengan baik, salah satunya melalui program double degree megister tersebut “ pungkas Nelson.